ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT


Synthia Hotnida Haloho, 4101412049 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of 4101412049.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu aspek utama dalam pembelajaran matematika yang diperlukan oleh siswa, namun kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah yang dibuktikan oleh hasil tes Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) pada tahun 2011 dan Programme for International Student Assesment (PISA) pada tahun 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisis kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari gaya kognitif yaitu field dependent dan field independent pada model pembelajaran Missouri Mathematics Project dan untuk mengetahui pencapaian ketuntasan klasikal kemampuan pemecahan masalah pada model pembelajaran Missouri Mathematics Project. Penelitian ini merupakan penelitian mix methods atau metode penelitian kombinasi. Seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 22 Semarang sebagai populasi dan dengan menggunakan teknik cluster sampling terpilih siswa kelas VII E sebagai sampel. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa kelas VII E SMP Negeri 22 Semarang, yang dipilih dua siswa dengan gaya kognitif field dependent dan dua siswa dengan gaya kognitif field independent. Penentuan subjek penelitian didasarkan pada hasil tes Group Embedded Figure Test (GEFT) yang dikembangkan oleh Witkin (1973). Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Analisis data kualitatif dilakukan dengan tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan/verifikasi. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan uji normalitas dan uji ketuntasan klasikal hasil tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya kognitif field dependent berkategori baik pada tahap memahami masalah dan memeriksa kembali, berkategori cukup pada tahap merencanakan penyelesaian, serta berkategori kurang pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian, 2) kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya kognitif field independent berkategori baik pada tahap memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, serta berkategori cukup pada tahap memeriksa kembali, 3) kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project mencapai ketuntasan secara klasikal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif, Missouri Mathematics Project.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Users 38263 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2017 10:55
Last Modified: 09 Feb 2017 10:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25289

Actions (login required)

View Item View Item