ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII BERDASARKAN GAYA BELAJAR DALAM MODEL KNISLEY

Eva Putri Karunia, 4101412047 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII BERDASARKAN GAYA BELAJAR DALAM MODEL KNISLEY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (12Mb)

    Abstract

    Kemampuan pemahaman konsep siswa ditentukan oleh gaya belajar yang mereka miliki. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran matematika Knisley, mengetahui capaian ketuntasan klasikal dan kemampuan pemahaman konsep siswa dibandingkan kelas yang ekspositori, dan mendeskripsi kemampuan pemahaman konsep siswa berdasarkan gaya belajarnya dalam setting pembelajaran matematika Knisley. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi. Populasi penelitian kuantitatif kelas VII SMP N 37 Semarang terdiri dari 8 kelas. 2 kelas diambil sebagai kelas sampel, dengan 1 kelas sebagai kelas kontrol dan 1 kelas sebagai kelas eksperimen. Sedangkan subjek penelitian kualitatif diambil 8 siswa dari kelas eksperimen yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, kinestetik, dan visual-auditorial. Pemilihan subjek penelitian didasari dengan menggunakan angket gaya belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah, data ulangan tengah semester genap, tes kemampuan pemahaman konsep siswa dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: tahap reduksi data, tahap penyajian data, tahap verifikasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan model pembelajaran matematika Knisley terhadap kelas eksperimen tergolong sangat baik,; (2) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran matematika Knisley mencapai ketuntasan klasikal; (3) kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran matematika Knisley lebih baik jika dibandingkan dengan kelas yang menggunakan pembelajaran ekspositori; (4) kemampuan pemahaman konsep siswa berdasar gaya belajar visual baik dalam memenuhi tiga indikator kemampuan pemahaman konsep pada semua soal. Namun cukup baik untuk indikator menyadari proses yang dikerjakannya hanya 2 dari 3 soal; kemampuan pemahaman konsep siswa berdasar gaya belajar auditorial kurang baik dalam memenuhi semua indikator kemampuan pemahamn konsep pada semua soal; kemampuan pemahaman konsep berdasar gaya belajar kinestetik baik memenuhi semua indikator kemampuan pemahaman konsep pada semua soal; kemampuan pemahaman konsep siswa berdasar gaya belajar visual-auditorial cukup baik dalam memilih rumus yang harus digunakan hanya 2 dari 3 soal, baik dalam menjelaskan langkah-langkah penyelesaian sesuai dengan algoritma dan mengaitkan satu konsep dengan konsep lainnya pada semua soal, namun kurang baik dalam menyadari proses yang dikerjakannya pada semua soal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model Knisley, Kemampuan Pemahaman Konsep, Gaya Belajar
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
    Depositing User: pkl10 tik 2017
    Date Deposited: 09 Feb 2017 05:55
    Last Modified: 09 Feb 2017 05:55

    Actions (login required)

    View Item