ANALISIS KEMAMPUAN MATHEMATICAL CREATIVITY SISWA SMP KELAS VII MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PBL DENGAN STRATEGI REACT

Dini Rahmawati, 4101412044 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN MATHEMATICAL CREATIVITY SISWA SMP KELAS VII MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PBL DENGAN STRATEGI REACT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (3720Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran atau terdeskripsikannya kemampuan mathematical creativity siswa SMP kelas VII melalui penerapan pembelajaran matematika PBL dengan strategi REACT. Langkah-langkah dalam pembelajaran model PBL adalah (1) siswa diberikan masalah yang harus dipecahkan yang algoritma belum diberikan kepada siswa, (2) siswa menginterpretasi masalah, (3) siswa mengumpulkan informasi yang diperlukan, (4) siswa mengevaluasi alternatif solusi, (5) siswa mempresentasikan solusi dari masalah yang diberikan. Strategi REACT merupakan strategi pembelajaran kontekstual terdiri dari 5 strategi yaitu (1) Relating (mengaitkan); (2) Experiencing (mengalami); (3) Applying (menerapkan); (4) Cooperating (bekerjasama); (5) Transferring (mentransfer). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ungaran. Pemilihan subjek penelitian ini didasari dengan menggunakan hasil tes kemampuan mathematical creativity. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan mathematical creativity dan wawancara. Analisis tes kemampuan mathematical creativity mengacu pada empat kriteria yaitu fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: tahap reduksi data, tahap penyajian data, tahap verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa ASK memiliki fluency sangat baik, flexibility sangat baik, originality yang baik, dan elaboration baik, (2) siswa IFI memiliki fluency sangat baik, flexibility cukup, originality kurang, dan elaboration sangat baik, (3) siswa AEP memiliki fluency sangat baik, flexibility sangat baik, originality yang cukup, dan elaboration baik, (4) siswa FQ memiliki fluency sangat baik, flexibility sangat baik, originality yang baik, dan elaboration cukup, (5) siswa ADYA memiliki fluency cukup, flexibility cukup, originality cukup, dan elaboration cukup, (6) siswa DAKD fluency sangat baik, flexibility sangat kurang, originality sangat kurang, dan elaboration baik. Kemampuan mathematical sangat perlu dikembangkan agar siswa dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menuntut setiap individu agar dapat menghadapi persaingan dengan individu lain yang menuntut kreativitas tinggi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Mathematical Creativity, PBL, REACT
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: UNSPECIFIED
    Depositing User: pkl10 tik 2017
    Date Deposited: 09 Feb 2017 05:54
    Last Modified: 09 Feb 2017 05:54

    Actions (login required)

    View Item