ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA PADA MODEL KNISLEY MATERI PELUANG DI SMP N 1 JUWANA
Karlina Sari, 4101412031 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA PADA MODEL KNISLEY MATERI PELUANG DI SMP N 1 JUWANA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.
Preview |
PDF
Download (7MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu diantaranya adalah gaya belajar siswa yang berbeda-beda. Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan gaya belajar visual, aditorial, dan kinestetik. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII G SMP N 1 Juwana dimana dipilih 2 siswa dari masingmasing gaya belajar. Data diambil melalui angket, observasi, tes, dan wawancara kemudian dilakukan deskripsi kualitatif untuk mengetahui deskripsi kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan gaya belajarnya. Analisis tes berpikir kreatif matematis mengacu pada tiga indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan (fluency), keluwesan (flexibility), dan kebaruan (novelty), kemudian diidentifikasi ke dalam Tingkat Berpikir Kreatif Matematis (TBKM) yang meliputi sangat kreatif (level 4), kreatif (level 3), cukup kreatif (level 2), kurang kreatif (level 1), dan tidak kreatif (level 0). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Keterlaksanaan pembelajaran Model Knisley berjalan dengan sangat baik; (2) Siswa dengan gaya belajar visual mampu menyelesaikan masalah dengan fasih dan lancar serta dapat memberikan beragam jawaban yang benar. Selain itu siswa dengan gaya belajar visual mampu menyelesaikan masalah dengan berbagai cara yang berbeda serta mampu meyelesaikan masalah dengan cara yang baru dan dengan pemikiran sendiri; (3) Siswa dengan gaya belajar auditorial dan kinestetik mampu menyelesaikan masalah dengan fasih dan dengan cara yang berbeda-beda atau menyelesaikan masalah dengan fasih dan mampu menunjukkan suatu cara yang “baru” dengan pemikiran sendiri.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kreatif, Gaya Belajar, Model Knisley |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1 |
Depositing User: | Users 38263 not found. |
Date Deposited: | 09 Feb 2017 10:51 |
Last Modified: | 09 Feb 2017 10:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25265 |
Actions (login required)
View Item |