ANALISIS KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI MENGGUNAKAN TTMC TEST PADA PEMBELAJARAN CTL DENGAN PROBLEM BASED LEARNING


Ragilia Susilowati Bachtiar, 4101412029 (2016) ANALISIS KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI MENGGUNAKAN TTMC TEST PADA PEMBELAJARAN CTL DENGAN PROBLEM BASED LEARNING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of 4101412029.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa belum maksimal. Hal ini ditunjukkan dengan adanya siswa yang masih melakukan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika khususnya pada materi geometri. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kualitas pembelajaran CTL dengan Problem Based Learning Kelas VIII E SMP Negeri 19 Semarang dan jenis kesalahan serta penyebab kesalahan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal geometri menggunakan TTMC test berdasarkan kategori kesalahan Watson. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Semarang. Pemilihan subjek penelitian ini berdasarkan kemampuan matematika siswa yang diambil dari hasil TTMC test. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes, observasi, dan wawancara. Analisis kualitas pembelajaran CTL dengan Problem Based Learning mengacu pada tiga aspek yaitu perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan hasil belajar siswa, sedangkan analisis jenis kesalahan siswa dilakukan berdasarkan delapan kategori kesalahan menurut Watson yaitu (1) inappropriate data (id), (2) inappropriate procedure (ip), (3) ommited data (od), (4) ommited conclusion (oc), (5) response level conflict (rlc), (6) undirected manipulation (um), (7) skills hierarchy problem (shp), dan (8) above other (ao). Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: tahap reduksi data, tahap penyajian data, tahap verifikasi atau simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas pembelajaran CTL dengan Problem Based Learning berkualitas dengan penilaian ketiga aspek dalam kategori baik, (2) Lima dari delapan kategori kesalahan Watson dilakukan oleh siswa yaitu id, ip, od, shp, dan ao, dan (3) Penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa diantaranya kurang memahami soal, kurang teliti dalam melakukan perhitungan, kurang memahami konsep, dan menggunakan prosedur yang salah dalam menyelesaikan soal. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan peneliti menyarankan kepada guru untuk menerapkan pembelajaran CTL dengan Problem Based Learning sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika. Selain itu, peneliti juga menyarankan agar kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa dijadikan pertimbangan untuk melakukan proses pembelajaran berikutnya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kategori Kesalahan Watson, TTMC Test, CTL, Problem Based Learning.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 38263 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2017 10:56
Last Modified: 09 Feb 2017 10:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25264

Actions (login required)

View Item View Item