ANALISIS ASPEK PENYAJIAN BUKU AJAR IPA SISWA SMP KELAS VIII KURIKULUM 2013

Dika Indah Sri Utami , 4201412118 (2016) ANALISIS ASPEK PENYAJIAN BUKU AJAR IPA SISWA SMP KELAS VIII KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF
Download (2422Kb)

    Abstract

    Buku teks merupakan salah satu sumber belajar yang mempunyai peran dominan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah keberadaan buku teks IPA yang banyak digunakan SMP kelas VIII di Kota Demak belum diketahui kualitas ilustrasi gambarnya untuk digunakan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah buku teks IPA SMP kelas VIII yang digunakan di Kota Demak sudah memenuhi standar variasi penyajian, kesesuaian ilustrasi dengan materi , ilustrasi menimbulkan daya tarik menurut BSNP dan apakah ilustrasi teks berpengaruh terhadap penguasaan teks oleh siswa . Subjek dalam penelitian ini adalah buku IPA Jilid 1 untuk SMP. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket untuk mengetahui buku IPA yang digunakan kelas VIII, dokumentasi menggunakan lembar penilaian buku teks IPA dari Pusat Perbukuan Depdiknas dan test soal untuk mengetahui penguasaan teks pada buku. Penilaian dilakukan oleh tiga orang penilai, yaitu penelitian dan dua teman sejawat. Penyajian data dalam bentuk deskriptif naratif yang disajikan dalam bentuk uraian, sehingga memudahkan untuk memahami apa yang terjadi . Berdasarkan analisis data hasil penelitian buku ajar IPA yang banyak dipakai memiliki:1) Variasi penyajian dengan skor rata-rata 75,24; 2) Kesesuaian dan ketepatan ilustrasi dengan materi dengan skor rata-rata 51,80; 3) Ilustrasi berpengaruh terhadap penguasaan teks oleh siswa memperoleh skor 59,39; 4) Ilustrasi memiliki daya tarik dengan skor 88. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyajian buku ajar IPA yang banyak digunakan di kota Demak sudah baik. Variasi penyajian yang dimiliki sudah baik, tetapi untuk kesesuaian dan ketepatan ilustrasi dengan materi pada buku cukup baik. Selain itu ilustrasi berpengaruh pada penguasaan teks oleh siswa namun siswa masih kesulitan mengerjakan soal dengan teks ilustrasi sehingga siswa perlu terbiasa mengerjakan soal-soal yang memiliki teks ilustrasi dan buku memiliki daya tarik ilustrasi yang baik. Guru dan peserta didik dapat tetap menggunakan buku-buku tersebut dalam pembelajaran, untuk melengkapi kekurangan yang ada di buku, guru dapat menggunakan buku pelengkap lainnya. Penyusunan ilustrasi gambar dalam buku teks hendaknya memperhatikan aspek penyajian dan kedaya tarikan ilustrasi gambar dengan mengacu pada indikator yang diberikan oleh BSNP.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Analisis, Buku Teks IPA, Penyajian, Ilustrasi gambar
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
    Depositing User: pkl11 tik 2017
    Date Deposited: 08 Feb 2017 12:33
    Last Modified: 08 Feb 2017 12:33

    Actions (login required)

    View Item