ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF-ESTEEM SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING

Febriani Nikmatun Nazikha, 4101412016 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF-ESTEEM SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (4Mb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian ketuntasan klasikal kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII pada pembelajaran matematika dengan model discovery learning dan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII berdasarkan self-esteem pada pembelajaran matematika dengan model discovery learning. Jenis penelitian ini adalah mixed methods dengan desain penelitian sequential explanatory. Tahap pertama pada penelitian ini adalah mengumpulkan dan menganalisis data kuantitatif, subjek yang digunakan yaitu siswa kelas VII excellent MTs N Model Brebes. Sebanyak 32 siswa kelas VII excellent diberikan tes kemampuan komunikasi matematis dan skala self-esteem. Selanjutnya, data mengenai ketuntasan klasikal diperoleh dari hasil tes kemampuan komunikasi matematis yang dianalisis dengan uji normalitas dan uji proporsi. Tahap kedua adalah mengumpulkan data dan menganalisis data secara kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui skala self-esteem, tes kemampuan komunikasi matematis, dan pedoman wawancara. Sebanyak 32 siswa kelas VII excellent dipilih 6 siswa untuk melakukan wawancara mengenai hasil tes kemampuan komunikasi matematis yang masing-masing 3 siswa dengan selfesteem rendah dan 3 siswa dengan self-esteem tinggi. Data mengenai hasil tes kemampuan komunikasi matematis selanjutnya di triangulasi dengan data hasil wawancara. Analisis tes kemampuan komunikasi matematis dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: tahap reduksi data, tahap penyajian data, tahap verifikasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII pada pembelajaran dengan model discovery learning mencapai ketuntasan klasikal 90,625%, 2) kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII dengan self-esteem rendah pada pembelajaran matematika dengan model discovery learning adalah: (a) kurang mampu menuliskan pernyataan, alasan, atau penjelasan yang relevan, (b) kurang mampu menyajikan permasalahan terkait gambar, tabel, diagram, dan grafik, (c) mamu mengekspresikan konsep matematika dengan menyatakan peristiwa seharihari dalam bahasa atau simbol matematika, 3) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan self-esteem tinggi pada pembelajaran matematika dengan model discovery learning adalah: (a) mampu menuliskan pernyataan, alasan, dan penjelasan yang relevan, (b) mampu menyajikan gambar, tabel, diagram, dan grafik, (c) mampu mengekspresikan konsep matematika dengan menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Esteem, Model Discovery Learning
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
    Depositing User: pkl10 tik 2017
    Date Deposited: 09 Feb 2017 05:52
    Last Modified: 09 Feb 2017 05:52

    Actions (login required)

    View Item