ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI KARAKTERISTIK CARA BERPIKIR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Heni Kholiqowati, 4101412009 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI KARAKTERISTIK CARA BERPIKIR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (5Mb)

    Abstract

    Hasil belajar dan kemampuan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kunduran pada aspek representasi matematis belum optimal. Pada dasarnya setiap peserta didik memiliki karakteristik cara berpikir berbeda-beda yang berpengaruh dalam proses merepresentasikan penyelesaian masalah matematika. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan pelaksanaaan pembelajaran yang efektif dan efisien. Pendekatan saintifik dapat memicu peserta didik agar aktif berperan dalam proses pembelajaran dan mampu merangsang proses berpikir peserta didik dalam menginterpretasikan penyelesaian masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar peserta didik dan mendeskripsikan kemampuan representasi matematis peserta didik ditinjau dari karakteristik cara berpikir Sekuensial Konkret (SK), Sekuensial Acak (SA), Acak Abstrak (AA), dan Acak Konkret (AK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 1 Kunduran. Metode pengumpulan data menggunakan angket karakteristik cara berpikir, tes ketuntasan materi kubus dan balok, tes kemampuan representasi matematis, dan wawancara. Analisis tes ketuntasan materi kubus dan balok menggunakan uji proporsi satu pihak yaitu pihak kanan. Analisis tes kemampuan representasi matematis mengacu pada indikator kemampuan representasi matematis menurut Yudhanegara & Lestari (2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar peserta didik pada materi kubus dan balok dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik mencapai ketuntasan klasikal dan (2) kemampuan representasi matematis ditinjau dari karakteristik cara berpikir peserta didik adalah (a) Peserta didik tipe berpikir SK mempunyai kemampuan representasi visual dan simbolik pada kategori sangat baik dan kemampuan representasi verbal pada kategori kurang sekali; (b) Peserta didik tipe berpikir SA mempunyai kemampuan representasi visual dan simbolik pada kategori sangat baik, dan kemampuan representasi verbal pada kategori kurang sekali; (c) Peserta didik tipe berpikir AA mempunyai kemampuan representasi visual dan simbolik pada kategori baik dan kemampuan representasi verbal pada kategori kurang sekali; dan (d) Peserta didik tipe berpikir AK mempunyai kemampuan representasi visual pada kategori baik, kemampuan representasi simbolik pada kategori cukup, dan kemampuan representasi verbal pada kategori kurang sekali.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi Matematis; Karakteristik Cara Berpikir; Pendekatan Saintifik.
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
    Depositing User: pkl10 tik 2017
    Date Deposited: 09 Feb 2017 05:56
    Last Modified: 09 Feb 2017 05:56

    Actions (login required)

    View Item