ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY (SAVI) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK


Pangestika Sumadianing Saputri, 4101412004 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY (SAVI) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of 4101412004.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model SAVI dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII pada pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar dan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII berdasarkan gaya kognitif pada pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar menggunakan model SAVI dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi atau mixed methods yaitu menggabungkan penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Subjek penelitian kuantitatif dengan populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pacitan tahun ajaran 2015/2016 dan sampel adalah kelas VIII A sebagai kelas kontrol serta kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Subjek penelitian kualitatif adalah 6 siswa dari kelas VIII B. Pemilihan subjek kualitatif berdasarkan hasil tes gaya kognitif menggunakan instrument Matching Familiar Figure Test (MFFT). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes dan wawancara yang selanjutnya dianalisis dengan uji ketuntasan, uji kesamaan rata-rata, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar menggunakan model SAVI dengan pendekatan saintifik mencapai ketuntasan klasikal dan rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar menggunakan model SAVI dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar menggunakan model konvensional; (2) siswa dengan gaya kognitif reflektif memenuhi keempat indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran keluwesan, keaslian, elaborasi dan memenuhi tiga indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran, keluwesan, keaslian. Siswa dengan gaya kognitif impulsif memenuhi tiga indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran, keluwesan, keaslian dan memenuhi dua indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran dan keluwesan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kreatif, gaya kognitif, SAVI, pendekatan saintifik
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 38263 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2017 10:51
Last Modified: 09 Feb 2017 10:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25226

Actions (login required)

View Item View Item