ANALISIS PENGARUH BEBAN PAJAK, TUNNELING INCENTIVE, DAN MEKANISME BONUS TERHADAP TRANSFER PRICING PERUSAHAAN MULTINASIONAL YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA

Angga Kusuma Nugraha, 7211411003 (2016) ANALISIS PENGARUH BEBAN PAJAK, TUNNELING INCENTIVE, DAN MEKANISME BONUS TERHADAP TRANSFER PRICING PERUSAHAAN MULTINASIONAL YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (887Kb)

    Abstract

    Transfer pricing adalah harga yang terkandung pada setiap produk atau jasa dari satu divisi yang di transfer ke divisi yang lain dalam perusahaan yang sama atau antar perusahaan yang mempunyai hubungan istimewa. Namun seiring berkembangnya perusahaan semakin banyak perusahaan yang melakukan Transfer Pricing. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh variabel Beban Pajak, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus terhadap Transfer Pricing pada Perusahaan Multinasinal. Populasi penelitian ini adalah perusahaan multinasional tahun 2013. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 90 unit analisi yang menjadi objek pengamatan. Alat analisis yang digunakan analisis regresi logistic SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beban pajak berpengaruh signifikan positif terhadap transfer pricing. Tunneling incentive dan mekanisme bonus tidak berpengaruh signifikan terhadap transfer pricing. Simpulan dari penelitian ini yaitu satu persen kenaikan beban pajak akan menurunkan hasil transfer pricing. Saran untuk peneliti selanjutnya sebaiknya menggunakan rentan waktu yang lebih lama, diharapkan dengan rentan waktu yang lebih lama akan memberikan hasil yang lebih baik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Transfer Pricing, Beban Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus.
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, D3
    Depositing User: pkl1 tik 2017
    Date Deposited: 22 Feb 2017 07:59
    Last Modified: 22 Feb 2017 07:59

    Actions (login required)

    View Item