DETERMINAN KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN MELALUI FRAUD TRIANGLE ( Study Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI Periode 2011-2014)

Eno Destiea Martha Rani, 7211410056 (2016) DETERMINAN KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN MELALUI FRAUD TRIANGLE ( Study Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI Periode 2011-2014). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1402Kb)

    Abstract

    Adanya perbedaan kepentingan antara shareholders sebagai principal yang berekspektasi terhadap peningkatan kinerja perusahaan guna menimbulkan tingkat pengembalian tinggi atas investasi mereka dengan manajer sebagai agent yang berasumsi bahwa mereka akan menerima apresiasi dari principal berupa kompensasi keuangan menimbulkan conflict of interest diantara kedua pihak. Hal inilah yang memicu terjadinya kecurangan laporan keuangan. Sebuah konsep menyatakan bahwa kecurangan laporan keuangan dapat dideteksi dengan fraud triangle yang terdiri atas tiga faktor, yaitu pressure, opportunity, dan rationalization. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pressure, opportunity, dan rationalization dengan menggunakan variabel stabilitas keuangan (ACHANGE), tekanan eksternal (LEV), kepemilikan manajerial (OSHIP), target keuangan (ROA), nature of industry (INVENTORY), efektivitas pengawas (IND), dan rasionalisasi (TATA) terhadap kecurangan laporan keuangan yang diproksikan dengan manajemen laba (DACC). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2011-2014. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling sehingga menghasilkan sampel sebanyak 22 perusahaan manufaktur. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Pengujian hipotesis menggunakan program SPSS 21. Hasil pengujian secara simultan menunjukan bahwa seluruh variabel independen berpengaruh signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan. Sedangkan pengujian secara parsial menujukan bahwa hanya variabel stabilitas keuangan (ACHANGE) dan rasionalisasi (TATA) berpengaruh signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: fraud, fraud triangle, kecurangan laporan keuangan, manajemen laba.
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, D3
    Depositing User: pkl1 tik 2017
    Date Deposited: 17 Mar 2017 07:46
    Last Modified: 17 Mar 2017 07:46

    Actions (login required)

    View Item