ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN MENYIMAK BAHASA PRANCIS DALAM SITUS BONJOUR DE FRANCE SEBAGAI BAHAN AJAR ALTERNATIF MATA KULIAH COMPRÉHENSION ORALE AVANCÉ


Lilis Choiriyah , 2301412015 (2016) ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN MENYIMAK BAHASA PRANCIS DALAM SITUS BONJOUR DE FRANCE SEBAGAI BAHAN AJAR ALTERNATIF MATA KULIAH COMPRÉHENSION ORALE AVANCÉ. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2301412015.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Choiriyah, Lilis. 2016. Analisis Materi Menyimak Bahasa Prancis dalam Situs Bonjour de France sebagai Bahan Ajar Alternatif Mata Kuliah Compréhension Orale Avancé. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Dra. Dwi astuti, M.Pd., Pembimbing II : Neli Purwani, S.Pd. Kata Kunci : situs online, DELF B1, menyimak Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan salah satunya ditandai dengan munculnya situs-situs pembelajaran online. Situs pembelajaran online pada umumnya berisi materi-materi dan soal-soal latihan, sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran berbasis internet (web based learning). Salah satu situs online untuk pembelajaran bahasa Prancis adalah situs Bonjour de France. Situs ini berisi materi-materi dan latihan-latihan untuk keterampilan menyimak dan membaca yang dikelompokkan berdasarkan tema atau kategori, serta tingkatan (niveau) DELF, mulai dari A1, A2, B1, B2 dan C1. Salah satu mata kuliah yang dapat memanfaatkan materi serta latihan-latihan dari situs Bonjour de France adalah mata kuliah menyimak tingkat lanjut atau Compréhension Orale Avancé. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : (1) Berapa banyak materi menyimak tingkat DELF B1 yang terdapat dalam situs Bonjour de France, (2) Bagaimanakah kesesuaian materi menyimak tingkat DELF B1 dalam situs Bonjour de France dengan KD dan bahan kajian dalam RPS mata kuliah Compréhension Orale Avancé. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesesuaian materi menyimak dalam situs Bonjour de France dengan RPS mata kuliah Compréhension Orale Avancé, sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data berupa video/audio untuk keterampilan menyimak tingkat B1 dalam situs Bonjour de France. Berdasarkan dokumentasi, terdapat 35 video/audio untuk keterampilan menyimak yang tersebar di enam menu/kategori. Untuk menganalisis data, digunakan teknik analisis isi pesan (content analysis) dengan menggunakan kartu data yang disusun berdasarkan RPS mata kuliah Compréhension Orale Avancé. Berdasarkan hasil analisis, sebanyak 28 dokumen video/audio sesuai dengan tema-tema KD dalam RPS. Untuk Kompetensi Dasar 1 berupa dialog singkat yang berhubungan dengan dunia kerja, sekolah dan kegemaran, tidak ditemukan video/audio yang sesuai dengan KD ini. Untuk Kompetensi Dasar 2 berupa paparan dan presentasi ditemukan 3 video yang sesuai. Untuk Kompetensi Dasar 3 berupa pengumuman dan instruksi lisan juga tidak ditemukan video/audio yang sesuai. Untuk Kompetensi Dasar 4 berupa interaksi antar penutur asli, ditemukan 3 video dan 1 audio yang sesuai. Sedangkan untuk Kompetensi Dasar 5 berupa siaran radio dan televisi, sebanyak 21 video sesuai dengan tema Kompetensi Dasar tersebut. This research aims to analyse the listening comprehension materials in the site Bonjour de France as the supporting material for the course of Compréhension Orale Avancé. There are two issues of the research (1) How many listening materials of level DELF B1 are there in Bonjour de France, (2) How is the suitability of listening materials of level B1 in Bonjour de France to the Basic Competence of the course Compréhension Orale Avancé. The approach of the research is the descriptive qualitative. The documentation method is used to collect data in the form of video/audio of level B1. There are 35 videos/audio which will be analyzed using content analysis technique. Based on the analysis, there is no material which support Basic Competence 1 (about short dialog concerning to work, school, and hobbies), neither for Basic Competence 3 (about the announcement and oral instruction). There are 3 videos which can be the supporting materials for Basic Competence 2 (about the exposure and presentation). Then, 3 videos and 1 audio suit to Basic Competence 4 (about interaction among native). The last, 21 videos are suitable to be the supporting materials for Basic Competence 5 (about radio and television broadcasts). In total, 28 documents video/audio can be used as the supporting materials for the course of Compréhension Orale Avancé. Keyword : online site, DELF B1, listening material

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: online site, DELF B1, listening material
Subjects: P Language and Literature > PB Modern European Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Users 38258 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2017 11:07
Last Modified: 09 Feb 2017 11:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25193

Actions (login required)

View Item View Item