ANALISIS KESESUAIAN BUTIR SOAL MEMBACA BAHASA PRANCIS KELAS XI SEMESTER 1 SMA NEGERI 8 SEMARANG DENGAN STANDAR KOMPETENSI-KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Yonnika Pratiwi , 2301411039 (2016) ANALISIS KESESUAIAN BUTIR SOAL MEMBACA BAHASA PRANCIS KELAS XI SEMESTER 1 SMA NEGERI 8 SEMARANG DENGAN STANDAR KOMPETENSI-KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1887Kb)

    Abstract

    Pratiwi, Yonnika. 2016. Analisis Kesesuaian Butir Soal Membaca Bahasa Prancis Kelas XI Semester 1 SMA Negeri 8 Semarang dengan SK-KD dan Indikator. Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dra. Diah Vitri Widayanti, DEA. Pembimbing II: Sri Handayani, S.Pd, M.Pd. Kata kunci : tes membaca, SK-KD, Indikator Kurikulum yang berlaku pada saat ini adalah Kurikulum 2013, meskipun ada beberapa sekolah yang masih menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006. SMA Negeri 8 Semarang merupakan salah satu sekolah yang menggunakan KTSP 2006. Kurikulum dikembangkan sesuai relevansi untuk menyusun silabus dan RPP sebagai acuan pembelajaran. Dalam kurikulum, pemerintah menetapkan rambu-rambu yaitu Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD). Pengembangan SK dan KD dijabarkan dalam indikator. Dalam penyelenggaraan pembelajaran bahasa, alat evaluasi merupakan cerminan hasil pembelajaran, Alat evaluasi dapat berupa tes, untuk mengukur tercapai atau tidaknya suatu indikator. Tes yang baik seharusnya disusun berdasarkan SK, KD dan Indikator.. Untuk mengetahui sesuai atau tidaknya butir soal dengan SK, KD dan Indikator perlu dilakukan analisis butir soal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesesuaian tes membaca bahasa Prancis kelas XI semester 1 SMA Negeri 8 Semarang dengan SK, KD dan Indikator. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah butir soal membaca. Sumber data butir soal membaca bahasa Prancis kelas XI SMA Negeri 8 Semarang. Untuk memperoleh data digunakan teknik dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 141 butir soal membaca, 102 butir soal sesuai dengan SK KD dan Indikator dan 39 butir soal tidak sesuai dengan SK, KD dan Indikator. Presentase butir soal yang sesuai dengan SK, KD dan Indikator membaca yaitu 72,34% dan presentase butir soal yang tidak sesuai dengan SK, KD dan Indikator membaca yaitu 27,65%.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: tes membaca, SK-KD, Indikator Kurikulum
    Subjects: P Language and Literature > PB Modern European Languages
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
    Depositing User: pkl5 tik 2017
    Date Deposited: 09 Feb 2017 06:03
    Last Modified: 09 Feb 2017 06:03

    Actions (login required)

    View Item