Pembelajaran Marching Band di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Klaten


Catur Budi Cahyono, 2501402053 (2009) Pembelajaran Marching Band di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Klaten. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran Marching Band di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Klaten]
Preview
PDF (Pembelajaran Marching Band di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Klaten) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran marching band di Madrasah Aliyah Negeri Klaten. Tujuan penelitian ini yaitu mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran marching band di Madrasah Aliyah Negeri Klaten. Manfaat penelitian ini dapat menambah wawasan teoritis dan ilmiah bagi siswa, pelatih dan kegiatan penelitian pengembangan seni musik pada umunya tentang pembelajaran marching band. Metode dalam penulisan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Latar penelitian memilih pelaksanaan pembelajaran marching band di Madrasah Aliyah Negeri Klaten sebagai kasus. Bentuk data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah segala informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran marching band di Madrasah aliyah Negeri Klaten. Teknik pengumpulan data ditempuh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran marching band di Madrasah Aliyah Negeri Klaten. Data diperoleh, dianalisis dengan cara reduksi data, deskripsi data, analisis data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelaksanaan pembelajaran marching band di Madrasah Aliyah Negeri Klaten dilaksanakan pada hari jum’at pukul 13.00 sampai pukul 16.00 WIB. Tujuan pembelajaran marching band di Madrasah Aliyah Negeri Klaten adalah agar siswa memiliki nilai kedisiplinan yang tinggi dalam mencapai tujuan bersama, yaitu menggalang kebersamaan bersama dalam pembangunan nasional Indonesia. Materi pembelajaran marching band di Madrasah Aliyah Negeri Klaten meliputi: pembelajaran baris-berbaris dan pembelajaran musik. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran marching band di Madrasah Aliyah Negeri Klaten antara lain metode ceramah, demonstrasi dan latihan. Pelaksanaan pembelajaran maraching band di Madrasah Aliyah Negeri Klaten dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor yang mendukung maupun yang menghambat. Faktor yang mendukung antara lain kondisi peserta marching band, dana, sarana dan prasarana, interaksi pelatih dengan peserta latihan yang komunikatif. Faktor yang menghambat antara lain faktor dari dalam diri peserta dan faktor dari luar peserta. Faktor yang menghambat dari dalam peserta yaitu kemampuan kognitif peserta, ada beberapa peserta yang mempunyai kemampuan musikalitas yang rendah sehingga dalam menerima pembelajaran kurang mengerti secara cepat apa yang diterangkan oleh pelatih. Faktor yang menghambat dari luar peserta yaitu setiap pergantian tahun ajaran baru berganti pula peserta yang baru yang harus merintis pembelajaran marching band dari awal lagi. Dari hasil penelitian disarankan agar anggota marching band Madrasah Aliyah Negeri Klaten lebih berprestasi, untuk itu perlu sering mengikuti lomba yang diadakan baik dari tingkat daerah maupun tingkat nasional. Pembelajaran marching band perlu ditingkatkan dengan jalan menyeleksi siswa yang akan menjadi anggota. Untuk menjaga kestabilan jumlah anggota yang datang, perlu diadakan evaluasi dari pengurus untuk mengetahui sebab-sebab ketidak stabilan jumlah anggota yang datang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 23 May 2011 04:14
Last Modified: 25 Apr 2015 04:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2514

Actions (login required)

View Item View Item