Deteksi Magnetik Kandungan Logam Besi Pada Sayuran Selada (Lactuca Sativa L.) dengan Stimulasi Emulsi Besi Oksida yang Ditumbuhkan Menggunakan Sistem Hidroponik Deep Water Culture


Saptaria Rosa Amalia , 4211412068 (2016) Deteksi Magnetik Kandungan Logam Besi Pada Sayuran Selada (Lactuca Sativa L.) dengan Stimulasi Emulsi Besi Oksida yang Ditumbuhkan Menggunakan Sistem Hidroponik Deep Water Culture. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4211412068.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Zat besi merupakan salah satu nutrisi penting dalam tubuh manusia. Zat besi diperlukan dalam proses pembentukan sel darah merah. Kebutuhan zat besi per hari diperoleh dari mengkonsumsi sayuran hijau yang kaya akan kandungan zat besi. Namun, tidak semua jenis sayuran hijau mengandung zat besi yang tinggi. Pada penelitian ini memanfaatkan pasir besi untuk distimulasi kedalam sayuran dimaksudkan untuk memperoleh produk sayuran dengan zat besi yang tinggi. Sampel yang digunakan yaitu selada. Stimulasi yang ditambahkan dibuat dengan memanfaatkan pasir besi (Fe3O4) disintesis menghasilkan FeCl dengan menggunakan HCl. Larutan FeCl tersebut distimulasi pada media tanam hidroponik Deep Water Culture. Akar tanaman yang terendam dalam air akan menyerap FeCl. Produk sayuran dikarakterisasi menggunakan metode magnetik Suceptibilitymeter Barington MS2B dan metode kimia Spektofotometer UV-mini 1240 Shimadzu. Deteksi magnetik sampel menggunakan Suceptibilitymeter Barington MS2B menunjukkan bahwa nilai suseptibilitas magnetik setiap sampel fluktuasi, yaitu sebesar 0 sampai dengan 1.5 x 10-8 m3/kg. Sampel dikategorikan bersifat diamagnetik dan ferromagnetik. Data banyaknya kandungan logam besi yang diukur menggunakan Spektofotometer UV-mini 1240 Shimadzu menunjukkan peningkatan. Peningkatan nilai Fe mulai dari 1.87 mg/100g hingga 3.76 mg/100g. Hal ini mengindikasikan bahwa unsur mikro besi (Fe) berhasil diserap oleh sampel dalam bentuk feri (Fe3+) ataupun fero (Fe2+). Stimulasi emulsi besi oksida yang ditambahkan pada media tanam hidroponik Deep Water Culture efektif meningkatkan kandungan zat besi pada sayuran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Selada, Suseptibilitas Magnetik (χm), Spektofotometer UV, zat besi, stimulasi emulsi besi oksida.
Subjects: Q Science > QC Physics
Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Users 38264 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2017 10:21
Last Modified: 04 Apr 2017 10:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25135

Actions (login required)

View Item View Item