EFEKTIFITAS TEKNIK PERMAINAN ACAK KATA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS XI SMA N 2 DEMAK

Annys Alcorina , 2301411015 (2016) EFEKTIFITAS TEKNIK PERMAINAN ACAK KATA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS XI SMA N 2 DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (3714Kb)

    Abstract

    Alcorina, Annys. 2016. Efektifitas Teknik Permainan Acak Kata Bergambar dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara pada Siswa kelas XI SMA N 2 Demak. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: 1. Dra. Diah Vitri W, DEA, II. Tri Eko Agustiningrum S.pd., M.pd. Kata Kunci : Berbicara, Media, Kartu. Keterampilan berbicara merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh pembelajar bahasa Prancis karena berbicara merupakan media atau sarana untuk mengungkapkan isi pikiran lewat lisan. Oleh karena itu guru harus mencari cara agar pembelajar termotivasi dalam pembelajaran berbicara dan dapat mengungkapkan kalimat secara lisan dengan baik dan benar. Ada banyak cara untuk mengajarkan keterampilan berbicara. Salah satunya yaitu dengan menggunakan teknik permainan acak kata bergambar. Penelitan ini bertujuan menguji kefektifan teknik permainan acak kata bergambar dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa kelas XI SMA N 2 Demak. Responden dalam penelitian ini sebanyak 28 siswa, yaitu siswa kelas XI IPS 4. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Tes diberikan kepada siswa pada akhir pertemuan setelah diberi pembelajaran menggunakan teknik permainan acak kata bergambar. Validitas tes dalam penelitian ini adalah validitas isi. Guna menguji reliabilitias tes dalam penelitian ini digunakan teknik pengulangan tes (test-retest), yaitu dengan cara memberikan tes yang sama dua kali kepada responden yang sama. Hasil tes pertama dan kedua dikorelasikan dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa melalui penerapan teknik permainan acak kata bergambar pada siswa kelas XI SMA N 2 Demak mempunyai pengaruh dalam pembelajaran berbicara bahasa Prancis . hal itu dapat dilihat dari hasil nilai yang dicapai responden pada tes yaitu dengan nilai rata-rata 78.0 dengan nilai tertinggi 95 dan terendah 60. Berdasarkan pada standar kriteria penilaian atau KKM di SMA yaitu 75, nilai rata-rata 78.0 termasuk dalam kategori Baik. Namun dari perhitungan nilai ketuntasan belajar siswa dalam kelas ekperimen adalah 75% yang artinya tidak tuntas sesuai dengan standar Kriteria Ketuntasan klasikal yaitu 85% . Nilai persentase siswa lebih kecil dari standar kriteria ketuntasan klasikal yaitu 75%<85%, sehingga hipotesis “Teknik Permainan Acak Kata Bergambar efektif dalam pembelajaran berbicara bahasa Prancis di SMA N 2 Demak” tidak diterima. La technique de jeu aux cartes dans l’apprentissage de la production orale est une technique d’apprentissage qui a un objectif de motiver des étudiants à parler. C’est une recherche “Quasi Experimentale” ayant deux variables : la variable indépendante (technique du jeux aux cartes) et la variable dépendante (la production orale). Cette recherche utilise la méthode one shot case study design. Les sujets dans cette recherche sont les lycéens du deuxieme du SMA N 2 Demak. XI IPS 4 est la classe d’expérimentale (28 lycéens). J’utilise la méthode de la documentation et le test pour collecter les données de la recherche. La validité est validité de contenu, et j’utilise la formule de Product-moment pour savoir la fiabilité du l’instrument. Le resultat moyen du test est plus petit que “Ketuntasan Belajar(KB) klasikal” (test = 75% < KB = 85%). C’est-à-dire qu’il y a une différences significatives des compétences de la production orale. Alors, on peut conclure que l’utilisation de la technique de jeu aux cartes dans l’aprentissage de la production orale du français est moins efficace. Mots clés : la production orale, le jeu, les cartes.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Berbicara, Media, Kartu.
    Subjects: D History General and Old World > DC France
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
    Depositing User: pkl5 tik 2017
    Date Deposited: 04 Apr 2017 08:25
    Last Modified: 04 Apr 2017 08:25

    Actions (login required)

    View Item