ANALISIS SIFAT FISIS DALAM STUDI KUALITAS AIR DI MATA AIR SUMBER ASEM DUSUN KALIJERUK, DESA SIWURAN, KECAMATAN GARUNG, KABUPATEN WONOSOBO


Rosyida Mukarromah , 4211412077 (2016) ANALISIS SIFAT FISIS DALAM STUDI KUALITAS AIR DI MATA AIR SUMBER ASEM DUSUN KALIJERUK, DESA SIWURAN, KECAMATAN GARUNG, KABUPATEN WONOSOBO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4211412077.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Air merupakan kebutuhan utama bagi proses kehidupan di bumi yang akan mempengaruhi dan dipengaruhi oleh komponen lainnya. Sementara itu, air sebagai salah satu kebutuhan utama untuk menunjang kehidupan manusia memiliki resiko berupa adanya penyakit bawaan air (water borne disease). Oleh karena itu, air yang dikonsumsi harus memenuhi syarat kesehatan. Syarat kesehatan yang dimaksud meliputi syarat-syarat fisika, kimia, mikrobiologi dan radioaktifitas. Salah satu parameter yang harus diukur untuk menentukan kualitas air adalah parameter fisika. Sementara itu, Mata Air Sumber Asem merupakan salah satu sumber mata air yang terletak di Kabupaten Wonosobo. Mata air ini digunakan oleh warga sekitar untuk berbagai keperluan termasuk keperluan air minum sejak tahun 1964. Banyaknya keluhan warga sekitar mengenai gangguan pencernaan dan proses pengkaratan pipa air berbahan logam yang cepat, memunculkan ide penelitian. Oleh karena itu, penelitian mengenai studi kasus kualitas air perlu dilakukan sebagai upaya penyediaan air minum yang sesuai dengan standar baku. Dalam penelitian ini, beberapa parameter fisika yang digunakan untuk menentukan kualitas air meliputi suhu, kekeruhan, warna, daya hantar listik (DHL), jumlah zat padat terlarut (TDS), rasa, dan bau. Pengukuran parameter fisika dilakukan secara in situ dan ex situ. Sementara itu, penurunan kualitas air dapat diindikasikan dengan adanya peningkatan kadar parameter fisika terukur. Hasil penelitian menunjukkan nilai bau, kekeruhan, rasa, warna, suhu, DHL, dan TDS berada di bawah ambang batas maksimum baku mutu kelas 1. Namun, pada nilai pH terukur berada di bawah kadar minimum baku mutu yaitu sebesar 4,7. Nilai pH air ini dapat ternormalkan pada proses pemanasan air minimal sebesar 50˚C.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: air, kualitas air, sifat fisis air.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Users 38264 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2017 13:27
Last Modified: 16 Mar 2017 13:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25130

Actions (login required)

View Item View Item