Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Open Ended pada Pembelajaran Problem Based Learning


Ulya Rahmatika, 4101411131 (2016) Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Open Ended pada Pembelajaran Problem Based Learning. Under Graduates thesis, Universitas Negeri semarang.

[thumbnail of 4101411131.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah siswa SMP masih rendah dan siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan soal open ended. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah open ended siswa; mendeskripsikan penyebab kesalahan dan karakteristik siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah open ended. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, pengumpulan data dengan metode tes dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Semarang. Kemampuan pemecahan masalah diukur dengan mengacu indikator National Council of Teacher Mathematics (NCTM). Berdasarkan analisis hasil tes, diperoleh 6 subjek penelitian yaitu masingmasing 2 subjek yang termasuk kelompok atas, menengah, dan bawah. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) kemampuan pemecahan masalah open ended kelompok atas: mampu memahami masalah, mampu memilih strategi yang tepat dan sistematis, kemampuan pemecahan masalah kelas menengah: mampu memahami masalah, mampu memilih strategi yang tepat dan tidak sistematis, kemampuan pemecahan masalah kelas bawah: tidak mampu memahami masalah, tidak mampu memilih strategi yang tepat dan tidak sistematis dalam menyelesaikan masalah, (2) penyebab kesalahan kelompok atas: kurang teliti, penyebab kesalahan kelompok menengah: tergesa-gesa dan kurang teliti, penyebab kesalahan kelompok bawah: kurang memahami materi, kurangnya pengetahuan matematis, lupa rumus dan kurang teliti, (3) karakteristik kelompok atas: siswa cenderung menggunakan rumus yang telah diberikan, menyelesaikan dengan terperinci, menyelesaikan dengan satu cara, menyelesaikan soal yang mudah dahulu, dan mengarang rumus untuk soal yang belum pernah ditemui, karakteristik kelompok menengah: siswa cenderung menggunakan rumus yang telah diberikan, menyelesaikan dengan satu cara, menyelesaikan dengan teperinci, mengarang jawaban apabila mengalami kebuntuan dan mengarang jawaban untuk soal yang belum pernah ditemui, karakteristik kelompok bawah: siswa cenderung menggunakan rumus yang diberikan, menyelesaikan dengan satu cara, menyelesaikan soal dengan tidak terperinci, mengarang jawaban apabila mengalami kebuntuan dan tidak menyelesaikan untuk soal yang belum pernah ditemui.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah, soal open ended, problem based learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 38263 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2017 14:04
Last Modified: 16 Mar 2017 14:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25119

Actions (login required)

View Item View Item