ANALISIS TINGKAT KESESUAIAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GURU KIMIA SMA DENGAN PENCAPAIAN KOMPETENSI MENURUT KURIKULUM 2013


Mufridatul Husna , 4301412001 (2016) ANALISIS TINGKAT KESESUAIAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GURU KIMIA SMA DENGAN PENCAPAIAN KOMPETENSI MENURUT KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301412001.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesesuaian perangkat pembelajaran yang disiapkan guru dengan tuntutan pencapaian kompetensi menurut kurikulum 2013. Perangakat pembelajaran tersebut mencakup rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang disusun guru kimia untuk materi larutan elektrolit dan nonelektrolit dan materi stoikiometri, serta bahan ajar yang digunakan guru dalam pembelajaran kimia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah SMA di kabupaten Pekalongan dan Batang yang menerapkan kurikulum 2013. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi perangkat pembelajaran dan wawancara dengan guru kimia. Perangkat pembelajaran yang telah dikumpulkan kemudian dinilai dan dianalisis secara deskriptif melalui kriteria berdasarkan persentase tingkat kesesuaiannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelengkapan komponen RPP pada keempat sekolah sesuai dengan pencapaian kompetensi menurut kurikulum 2013, Rata-rata tingkat kesesuaian yang diperoleh pada kelengkapan komponen RPP untuk L1 sebesar 82%, L2 sebesar 81%, L3 sebesar 84%, dan L4 sebesar 85% pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit, sedangkan pada materi stoikiometri untuk L1 sebesar 88%, L2 sebesar 91%, L3 sebesar 88%, dan L4 sebesar 91%. Kesesuaian isi RPP pada tiga dari empat sekolah memperoleh kriteria sesuai dengan pencapaian kompetensi menurut kurikulum 2013. dan satu sekolah memperpleh kriteri cukup sesuai dengan pencapaian kompetensi menurut kurikulum 2013. Rata-rata tingkat kesesuaian yang diperoleh pada isi RPP untuk L1 sebesar 73%, L2 sebesar 85%, L3 sebesar 90%, dan L4 sebesar 91% pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit, sedangkan pada materi stoikiometri pada L1 sebesar 74%, L2 sebesar 89%, L3 sebesar 89%, dan L4 sebesar 86%. Kesesuaian bahan ajar pada satu dari dua bahan ajar telah memperoleh kriteria sesuai dengan pencapaian kompetensi menurut kurikulum 2013. Rata-rata tingkat kesesuaian yang diperoleh untuk BA1 sebesar 93% dan BA2 sebesar 73% untuk materi larutan elektrolit dan nonelektrolit, sedangkan pada materi stoikiometri untuk BA1 sebesar 90% dan BA2 sebesar 70%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang telah disiapkan oleh guru kimia sesuai dengan pencapaian kompetensi menurut kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, kompetensi, kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 38264 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2017 13:34
Last Modified: 16 Mar 2017 13:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25117

Actions (login required)

View Item View Item