Keefektifan Model Pembelajaran Problem Solving dan Model Pengajaran Langsung terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas VII SMP Semester Genap pada Materi Pokok Segiempat Tahun Pelajaran 2008/2009


Esti Rahayu, 4101405050 (2009) Keefektifan Model Pembelajaran Problem Solving dan Model Pengajaran Langsung terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas VII SMP Semester Genap pada Materi Pokok Segiempat Tahun Pelajaran 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Problem Solving dan Model Pengajaran Langsung terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas VII SMP Semester Genap pada Materi Pokok Segiempat Tahun Pelajaran 2008/2009]
Preview
PDF (Keefektifan Model Pembelajaran Problem Solving dan Model Pengajaran Langsung terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas VII SMP Semester Genap pada Materi Pokok Segiempat Tahun Pelajaran 2008/2009) - Published Version
Download (21MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu bentuk kemampuan berpikir tingkat tinggi. Belajar dengan model pembelajaran problem solving dan model pengajaran langsung akan mampu mengembangkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah serta mengambil keputusan secara obyektif dan rasioanl. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematik materi pokok segiempat antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem solving dengan model pengajaran langsung, (2) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematik materi pokok segiempat antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem solving dan model pengajaran langsung pada kelas dengan kemampuan tinggi dan kemampuan rendah Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP N 1 Pengadegan. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan cluster random sampling. Terpilih kelas VII B sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII A sebagai kelas eksperimen 2. Untuk memperoleh data pengetahuan awal diambil nilai mid semester 2, sedangkan data akhir diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah Berdasarkan analisis uji normalitas dan homogenitas, kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Untuk menguji hipotesis digunakan ANOVA dua jalur.1) Tolak Ho jika tabehitung l F  F , diperoleh hitung F = 12,48162 dan tabel F = 4,08, sehingga Ho ditolak. Ini berarti ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematik materi segiempat siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem solving dan model pengajaran langsung . 2) tolak Ho jika hitung tabel F  F , diperoleh hitung F = 25,66346 dan tabel F = 4,08 sehingga Ho ditolak. Hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematik materi segiempat siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem solving dan model pengajaran langsung pada kelas dengan kemampuan tinggi dan kemampuan rendah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving memberikan rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematik yang lebih besar daripada model pengajaran langsung, tanpa memperhatikan peubah kontrolnnya (kemampuan siswa) model pembelajaran problem solving lebih baik daripada model pengajaran langsung, akan tetapi jika memperhatikan peubah kontrolnya yaitu kemampuan siswa, maka lebih baiknya model pembelajaran problem solving itu hanya untuk siswa yang mempunyai kemampuan tinggi, sedangkan bagi siswa yang kemampuannya rendah, model pengajaran langsung yang lebih baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Solving, Model Pengajaran Langsung, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 23 May 2011 03:31
Last Modified: 25 Apr 2015 04:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2511

Actions (login required)

View Item View Item