ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI-IPA PADA MATA PELAJARAN FISIKA SMA NEGERI SE-KOTA PATI


Wike Sulistiarmi , 4201411079 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI-IPA PADA MATA PELAJARAN FISIKA SMA NEGERI SE-KOTA PATI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411079.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permendiknas No. 23 Tahun 2006 mengenai standar kompetensi kelompok mata pelajaran IPA dan teknologi jenjang SMA yang berkaitan dengan kreativitas menyebutkan bahwa salah satu tujuan kelompok mata pelajaran IPA dan teknologi adalah untuk membangun dan menerapkan informasi, pengetahuan, dan teknologi secara kreatif serta menunjukkan kemampuan berpikir kreatif. Pengajar dalam mengetahui kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran fisika merasa kesulitan, hal ini menjadi isu yang menarik bagi peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kuantitatif dan kualitatif, prosedur penelitian meliputi: (1) pendahuluan, (2) rancangan, (3) pengembangan produk. Data hasil akhir diperoleh dari pengisian soal tes kemampuan berpikir kreatif, angket sikap kreativitas siswa, dan pengamatan sikap kreativitas siswa. Hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI-IPA SMA Negeri se-kota Pati menunjukkan bahwa 9,5% siswa memiliki kriteria sangat kreatif, 65,95% siswa memiliki kriteria kreatif, 22,34% siswa memiliki kriteria cukup kreatif, dan 2,12% siswa memiliki kriteria kurang kreatif, data tersebut memberikan gambaran bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI-IPA SMA Negeri se-kota Pati termasuk dalam kriteria kreatif. Sedangkan Sikap yang mencerminkan kreativitas siswa kelas XIIPA SMA Negeri se-kota Pati berdasarkan indikator sikap kreativitas menunjukkan bahwa siswa cenderung memiliki kemampuan bebas berpendapat. Meskipun begitu, siswa juga baik dalam melihat masalah dari berbagai sudut pandang, mengajukan pertanyaan, rasa ingin tahu, daya imajinatif, dan orisinalitas berpendapat serta gagasan. Keywords: Thinking Skills, Creative Thinking, Analysis. Permendiknas 23 Year 2006 regarding the group competency standards for teaching science and technology high school level with regard to creativity to mention that one of the group's goals for teaching science and technology is to develop and apply the information, knowledge and technology creatively and demonstrate the ability to think creatively. Teachers in knowing the creative thinking ability of students in learning physics have trouble, it is an issue of interest to researchers. This study aims to determine how the attitude and creative thinking abilities of students in physics. This type of research is descriptive ix quantitative and qualitative methods, research procedures include: (1) introduction, (2) design, (3) product development. Data obtained from the final results of test charging creative thinking abilities, attitudes questionnaire student creativity, and observation of the attitude of students' creativity. Results of tests of creative thinking ability of students of class XI IPA SMAN-se-Pati showed that 9.5% of students have a very creative criteria, 65.95% of students have a creative criteria, 22.34% students have sufficient criteria creative, and 2, 12% of students have less creative criteria, these data illustrate that the ability to think creatively included in the creative criteria. While the attitude that reflects the creativity of students based attitude indicator creativity shows that students tend to have freespeech capability. Even so, the students are also better at seeing the problem from different angles, asking questions, curious, imaginative power and originality of the opinion and ideas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir, Berpikir Kreatif, Analisis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 38264 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2017 11:16
Last Modified: 17 Mar 2017 11:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25107

Actions (login required)

View Item View Item