Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC dengan Media Kartu Soal terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Materi Volum Kubus dan Balok Tahun Pelajaran 2008/2009.


Agus Sugito, 4101405092 (2009) Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC dengan Media Kartu Soal terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Materi Volum Kubus dan Balok Tahun Pelajaran 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC dengan Media Kartu Soal terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Materi Volum Kubus dan Balok Tahun Pelajaran 2008/2009.]
Preview
PDF (Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC dengan Media Kartu Soal terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Materi Volum Kubus dan Balok Tahun Pelajaran 2008/2009.) - Published Version
Download (12MB) | Preview

Abstract

Kebanyakan peserta didik memilih menghindari matematika karena menganggap matematika adalah sesuatu yang sulit terutama ketika dihadapkan dengan soal-soal pemecahan masalah. Pemilihan dan pengembangan model pembelajaran yang tepat akan menunjang pembelajaran yang efektif guna tercapainya tujuan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang menunjang pembelajaran efektif adalah model pembelajaran kooperatif. Salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat dipilih dan dikembangkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan media kartu soal untuk materi volum kubus dan balok dapat mencapai ketuntasan belajar pada peserta didik kelas VIII dan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan media kartu soal untuk materi volum kubus dan balok lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII MTs Miftahul Khoirot Branjang Ungaran tahun pelajaran 2008/2009. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling dan terpilih kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen sebesar 71,85 dan kelas kontrol sebesar 62.78. Dari hasil uji ketuntasan belajar dengan uji t dan uji proporsi diperoleh bahwa peserta didik kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar, baik ketuntasan individual maupun ketuntasan klasikal. Dari hasil uji perbedaan dua rata-rata, diperoleh tabehitung l t  3.06  1.66  t sehingga Ho: 1 2    ditolak, berarti rata-rata hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan media kartu soal lebih baik daripada rata-rata hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran konvensional. Simpulan yang diperoleh adalah pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan media kartu soal untuk materi volum kubus dan balok dapat mencapai ketuntasan belajar pada peserta didik kelas VIII dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan media kartu soal untuk materi volum kubus dan balok lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas VIII.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif, pembelajaran kooperatif tipe CIRC, pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan media kartu soal, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 23 May 2011 03:15
Last Modified: 25 Apr 2015 04:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2510

Actions (login required)

View Item View Item