ANALISIS KINERJA PDAM KOTA PEKALONGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD

Alfian Hakim Nurcahaya , 7311412068 (2016) ANALISIS KINERJA PDAM KOTA PEKALONGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (4Mb)

    Abstract

    Alfian Hakim Nurcahaya. 2016. “Analisis Kinerja PDAM Kota Pekalongan Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard”. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Prof. Dr. H. Achmad Slamet, M.Si. PDAM Kota Pekalongan sebagai penyedia air bersih memiliki tanggung jawab untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sebagai pelanggan dan pemerintah daerah selaku stakeholder utama, oleh karena itu penting untuk mengetahui kinerja PDAM Kota Pekalongan. Selama ini pengukuran kinerja PDAM Kota Pekalongan masih menitik beratkan pada aspek keuangan saja, belum mengukur kinerjanya berdasarkan aspek non keuangan. Maka dari itu untuk mengetahui apakah sistem pengukuran kinerja yang telah dilakukan PDAM Kota Pekalongan sudah tepat atau belum dan melengkapi pengukuran kinerja yang sudah ada, digunakan konsep Balanced Scorecard sebagai alternatif penilaian kinerja PDAM Kota Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tingkat kinerja PDAM Kota Pekalongan pada prespektif keuangan, pelanggan, proses internal bisnis, pembelajaran dan pertumbuhan dalam Balanced Scorecard. Populasi pada penelitian ini adalah laporan keuangan PDAM Kota Pekalongan tahun 2012, 2013 dan 2014 serta pelanggan PDAM Kota Pekalongan berjenis rumah tangga. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, penentuan ukuran sampel menggunakan rumus slovin dan diperoleh ukuran sampel sebanyak 100 responden pelanggan dan 50 responden pegawai PDAM Kota Pekalongan. Metode analisis yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa pada tahun 2012 hingga tahun 2014, kinerja pada prespektif keuangan kurang baik karena masih belum tepat dalam proses pengangaran, sedangkan pada kinerja prespketif pelanggan sudah cukup baik, pada prespektif proses internal bisnis serta prespektif pembelajaran dan pertumbuhan termasuk dalam kategori baik. Simpulan dari penelitian ini bahwa keselurah kinerja PDAM Kota Pekalongan mengalami peningkatan dari tahun 2012 hingga tahun 2014, yang termasuk dalam kategori kinerja sangat baik. Saran yang diberikan adalah PDAM Kota Pekalongan harus meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan agar dapat menambah tingkat pemerolehan pelanggan baru, karena dengan semakin bertambahnya jumlah pelanggan maka pendapatan yang diperoleh perusahaan akan ikut meningkat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan, Pelanggan, Proses Bisnis Internal, Pembelajaran dan Pertumbuhan.
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: pkl13 tik 2017
    Date Deposited: 22 Feb 2017 07:38
    Last Modified: 22 Feb 2017 07:38

    Actions (login required)

    View Item