ANALISIS KINERJA STRATEGI BISNIS KOPERASI MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD

Animah , 7311412066 (2016) ANALISIS KINERJA STRATEGI BISNIS KOPERASI MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1040Kb)

    Abstract

    Animah.2016.”Analisis Kinerja Strategi Bisnis Koperasi Menggunakan Metode Balanced Scorecard (Studi pada Koperasi Syariah Umat Sejahtera Mulia Kebumen)”. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Prof. Dr.H. Achmad Slamet, M.Si Pengukuran kinerja merupakan salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan perusahaan. Perusahaan yang dapat mengukur kinerja strateginya maka perusahaan dapat mengelola strategi tersebut untuk mencapai tujuan perusahaan. Pengukuran kinerja secara tradisional yang menekankan pada kinerja keuangan dianggap kurang tepat karena fokus perusahaan hanya mencapai kinerja keuangan yang bersifat jangka pendek, sedangkan kinerja nonkeuangan yang dilakukan untuk mencapai kinerja keuangan kurang diperhatikan. Sehingga diperlukan sistem pengukuran kinerja strategi yang komprehensif dan berimbang berupa metode Balanced Scorecard sebagai sistem pengukuran kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tingkat kinerja koperasi dengan metode Balanced Scorecard. Objek penelitian ini yaitu Koperasi Syariah Umat Sejahtera Mulia Kebumen tahun 2013-2015. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini menggunakan perspektif-perspektif dalam metode Balanced Scorecard meliputi perspektif keuangan, perspektif pelanggan/anggota, proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan koperasi dan data primer. Metode pengumpulan data yaitu dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dari setiap perspektif Balanced Scorecard . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor BSC Koperasi Syariah Umat Sejahtera Mulia Kebumen tahun 2015 dengan skor keseluruhan sebesar 80,60%, yang merupakan kontribusi dari skor perspektif keuangan 29,53%, perspektif anggota 21,51%, perspektif proses bisnis internal 16,85%, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan 12,70%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kinerja koperasi sudah baik. Skor tahun 2014 sebesar 83,63%, sedangkan tahun 2013 sebesar 82,93%. Simpulan dari penelitian ini adalah kinerja secara keseluruhan dari Koperasi Syariah Umat Sejahtera Mulia Kebumen pada tahun 2015 mengalami penurunan dari tahun 2014. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah sebaiknya Koperasi Syariah Umat Sejahtera Mulia Kebumen memperbanyak pelatihan dan pengembangan karyawan, sehingga kemampuan karyawan meningkat, dan meningkatkan kualitas pelayanan, yang nantinya memberikan keuntungan pada koperasi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: : Balanced Scorecard,Perspektif Keuangan, Pelanggan, Proses Bisnis Internal, Pembelajaran dan Pertumbuhan
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: pkl13 tik 2017
    Date Deposited: 22 Feb 2017 07:39
    Last Modified: 22 Feb 2017 07:39

    Actions (login required)

    View Item