ANALISIS PENERAPAN METODE KUMON BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITS SISWA


Zuniar Musrifin , 4201410034 (2015) ANALISIS PENERAPAN METODE KUMON BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITS SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201410034.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran fisika menuntut intelektualitas yang relatif tinggi. Keterampilan berpikir sangat diperlukan ketika mempelajari pelajaran fisika. Pelajaran fisika adalah pelajaran yang mengajarkan berbagai pengetahuan yang dapat mengembangkan daya nalar, analisa, dan berpikir kritis sehingga hampir semua persoalan yang berkaitan dengan alam dapat dimengerti. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis penerapan metode Kumon ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Pre Eksperimental Design tipe One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Ungaran kelas XI IPA5 sebagai kelompok eksperimen. Instrumen dalam penelitian terdiri atas instrumen tes tertulis berbentuk uraian untuk mengetahui peningkatan berpikir kritis. Pengambilan data tes tertulis diperoleh dari nilai hasil pretest dan posttest. Pengolahan data dengan menggunakan analisis uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis mengalami peningkatan . Peningkatan tersebut terjadi pada aspek mengamati sebesar 38,53%, mengukur sebesar 50,58%, menganalisis 53,67%, dan mengevaluasi sebesar 55,3%. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika dengan metode Kumon dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas XI IPA pada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Kumon, berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 38264 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2017 12:57
Last Modified: 22 Feb 2017 12:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25089

Actions (login required)

View Item View Item