EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI JURNAL PENYESUAIAN (STUDI KASUS SISWA KELAS XI IPS SMA TEUKU UMAR SEMARANG)


Woro Kinasih , 7101412397 (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI JURNAL PENYESUAIAN (STUDI KASUS SISWA KELAS XI IPS SMA TEUKU UMAR SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101412397.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kinasih, Woro. 2016. “Efektivitas Penerapan Kombinasi Metode Pembelajaran Problem Based Learning dengan Berbantu Media Audiovisual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa Materi Jurnal Penyesuaian pada Siswa Kelas XI IPS SMA Teuku Umar Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016”. Sarjana Pendidikan Ekonomi Akuntansi Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Ahmad Nurkhin, S.Pd, M.Si Keberhasilan pembelajaran di dalam kelas dapat dilihat dari pemahaman siswa dan hasil belajar siswa di dalam kelas. Data nilai siswa kelas XI IPS pada materi jurnal penyesuaian menunjukkan masih banyak yang belum mencapai KKM. Penerapan metode pembelajaran problem based learning dengan berbantu media audiovisual diharapkan lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bahwa penerapan metode pembelajaran problem based learning dengan berbantu media audiovisual dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah maupun hasil belajar siswa pada materi jurnal penyesuaian Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen quasi eksperimental design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Teuku Umar Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016, yang terdiri dari 2 kelas sebanyak 61 siswa. Penelitian ini termasuk pada penelitian populasi, karena semua anggota populasi menjadi sempel penelitian. Metode pengumpulan data dengan tes, dokumentasi dan observasi. Pengujian Ha1 dan Ha2 menggunakan uji paired sample t-test. Sedangkan pengujian Ha3 dan Ha4 menggunakan uji independent sample t-test. Kemampuan pemecahan masalah di kelas kontrol pada pertemuan pertama hanya 50% dan meningkat pada pertemuan kedua menjadi 56,25%. Untuk hasil belajar, di kelas eksperimen menunjukkan rata-rata nilai pretest sebesar 42,94% dan rata-rata nilai post test sebesar 76,41%. Sedangkan, di kelas kontrol rata-rata nilai pre test sebesar 44,70% dan rata-rata nilai post test sebesar 63,26%. Dilihat dari peningkatan diatas, rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah maupun hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Hal ini terjadi karena dalam pembelajaran di kelas eksperimen lebih menekankan pada aktivitas siswa sehingga siswa lebih dapat memahami materi dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran problem based learning dengan berbantu media audiovisual dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah maupun hasil belajar siswa dan lebih efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah maupun hasil belajar siswa pada jurnal penyesuaian. Oleh karena itu, guru disarankan untuk dapat menerapkan metode pembelajaran problem based learning dengan berbantu media audiovisual pada materi jurnal penyesuaian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Media Audiovisual, Kemampuan Pemecahan Masalah, Hasil Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 38266 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2017 12:56
Last Modified: 07 Apr 2017 12:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25080

Actions (login required)

View Item View Item