ANALISIS KESESUAIAN MODUL BAHASA MANDARIN RUMAH BAHASA UNIVERSAL KELAS VII SMP KRISTEN YSKI SEMARANG DENGAN RAMBU-RAMBU KELAYAKAN ISI BSNP


Alvinia Glori Handoyo, 2404412018 (2016) ANALISIS KESESUAIAN MODUL BAHASA MANDARIN RUMAH BAHASA UNIVERSAL KELAS VII SMP KRISTEN YSKI SEMARANG DENGAN RAMBU-RAMBU KELAYAKAN ISI BSNP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2404412018.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Modul merupakan salah satu bahan ajar cetak yang memiliki karakteristik self instructional, yang membuat siswa dapat belajar mandiri. Ketika siswa menemukan kesulitan guru boleh membantu. Namun pada kenyataannya siswa kelas VII SMP Kristen YSKI (Yayasan Sekolah Kristen Indonesia) Semarang merasa kesulitan dan sangat membutuhkan bantuan guru dalam mempelajari modul Bahasa Mandarin Rumah Bahasa Universal kelas VII SMP Kristen YSKI Semarang semester I. Oleh sebab itu, pada penelitian kali ini penulis berusaha menganalisis kesesuaian modul tersebut dengan rambu-rambu kelayakan isi BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan), untuk mengetahui seberapa banyak informasi yang diterima siswa melalui modul tersebut. BSNP merupakan lembaga penilai kelayakan buku atau bahan ajar, Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, karena penulis akan menjabarkan kesesuaian isi modul dengan rambu-rambu kelayakan isi BSNP. Berdasarkan hasil penelitian, modul Bahasa Mandarin Rumah Bahasa Universal kelas VII SMP Kristen YSKI Semarang semester I kurang sesuai dengan rambu-rambu kelayakan isi BSNP. Ada beberapa Kompetensi Dasar (KD) yang tidak terpenuhi oleh modul, ada beberapa kesalahan penulisan dalam ejaan Hanyu Pinyin, kurangnya penjelasan pada materi tata bahasa, dan lain-lain. Oleh sebab itu, perlu diadakan evaluasi terhadap modul Bahasa Mandarin tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesesuaian, Modul, Kelayakan Isi BSNP
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 38261 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2017 12:32
Last Modified: 22 Feb 2017 12:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25061

Actions (login required)

View Item View Item