Penerapan Teknik Skimming yang Diberikan di Awal Pembelajaran Fisika pada Siswa SMP Subpokok Bahasan Mata dan Cacat Mata
Septiko Aji, 4201405524 (2009) Penerapan Teknik Skimming yang Diberikan di Awal Pembelajaran Fisika pada Siswa SMP Subpokok Bahasan Mata dan Cacat Mata. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Penerapan Teknik Skimming yang Diberikan di Awal Pembelajaran Fisika pada Siswa SMP Subpokok Bahasan Mata dan Cacat Mata)
- Published Version
Download (10MB) | Preview |
Abstract
Ilmu fisika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Namun masih banyak siswa yang kesulitan dalam belajar fisika. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, misal : strategi belajar, materi, model pembelajaran dan sarana dan prasarana. Teknik skimming merupakan teknik membaca secara efisien untuk mendapatkan gambaran secara umum dari buku atau bahan ajar yang dibaca. Dalam penerapan teknik skimming di awal pembelajaran siswa akan mengetahui secara umum materi yang akan dipelajarinya sehingga siswa dapat berpartisipasi aktif untuk mencapai tujuan pembelajara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dan besarnya pengaruh serta tanggapan siswa setelah pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan teknik skimming yang diberikan di awal pembelajaran pada siswa SMP subpokok bahasan mata dan cacat mata. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 2 Petarukan, Kab. Pemalang tahun pelajaran 2008/2009. Setelah diadakan uji homogenitas, populasi bersifat homogen. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan dengan penerapan teknik skimming yang diberikan di awal pembelajaran, dan kelas VIII C sebagai kelompok kontrol yang mendapat perlakuan pembelajaran secara konvensional. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, tes, dan angket. Berdasarkan hasil analisis uji t data hasil belajar, diperoleh harga thitung sebesar 2,4969 dan harga ttabel sebesar 1,9879. Karena thitung lebih besar dari ttabel berarti hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik skimming yang diberikan di awal pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMP subpokok bahasan mata dan cacat mata. Besarnya pengaruh penerapan teknik skimming yang diberikan di awal pembelajaran 1,49%. Hasil angket refleksi siswa terhadap pembelajaran menunjukkan bahwa siswa lebih mudah memahami materi setelah melakukan pembelajaran, sebanyak 15,34% siswa menjawab sangat setuju dan 65,06% siswa menjawab setuju, sedangkan yang menjawab tidak setuju dan sangat tidak setuju sebesar 18,46% dan 1,14%.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik Skimming, Pembelajaran, Mata dan Cacat Mata |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 23 May 2011 01:56 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2506 |
Actions (login required)
View Item |