ANALISIS MODEL REGRESI LOGISTIK ORDINAL PENGARUH PELAYANAN DI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA FMIPA UNNES


Riski Fajar Setyobudi , 4112313024 (2016) ANALISIS MODEL REGRESI LOGISTIK ORDINAL PENGARUH PELAYANAN DI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA FMIPA UNNES. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4112313024.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kualitas suatu perguruan tinggi sangat ditentukan oleh mutu pelayanan yang diberikan, dimana pelayanan yang bermutu dapat diindetifikasi melalui kepuasan pelanggan dalam hal ini adalah mahasiswa. Bagi sebuah perguruan tinggi kepuasan layanan lebih diorientasikan kepada mahasiswa karena mahasiswa merupakan pelanggan primer dari perguruan tinggi. Perguruan tinggi sebagai industri jasa harus terus memikirkan pentingnya pelayanan pelanggan secara lebih matang, kerena kini pelayanan dan kepuasaan pelanggan merupakan aspek vital dalam rangka bertahan dalam bisnis dan memenangkan persaingan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui layak atau tidak regresi ordinal digunakan dalam penelitian, mengetahui persamaanya, mengetahui aspekaspek pelayanan apa saja yang mempengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa dan mengetahui seberapa besar variabel independen dapat mempengaruhi variabel dependen. Data penelitian didapat dengan cara membagikan kuesioner kepada 100 responden di Fakultas MIPA pada jam kuliah. Atribut-atribut yang dianalisis yaitu 3 variabel independen dan 1 variabel dependen. Variabel independen terdiri variabel aspek administrasi, aspek pengajaran dan aspek sarana dan prasarana. Sedangkan variabel dependennya kepuasan mahasiswa secara keseluruhan. Analisis yang akan digunakan adalah model regresi logistik ordinal dengan model persamaannya ( ) . Dengan uji Goodness of fit kita bisa tahu apakah model regresi layak digunakan atau tidak, Uji keberartian model dilakukan dengan membandingkan model tanpa variabel prediktor, kita bisa mengetahui variabel mana yang berpengaruh dengan menggunakan uji wald, untuk mengetahui besar pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen menggunakan uji nagelkerke, sedangkan rasio odd digunakan untuk mengetahui peluang rasionya. Hasil penelitian menunjukan bahwa regresi ordinal dan persamaannya layak digunakan, variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa di Fakultas MIPA adalah aspek administrasi dan aspek sarana prasarana. Model regresi logistik ordinal aspek administrasi, aspek pengajaran dan aspek sarana prasarana mempengaruhi penilaian kepuasan mahasiswa secara keseluruhan sebesar 88,9%. Hasli uji rasio odds didapatkan peluang tertinggi mahasiswa merasa sangat puas pada aspek sarana dan prasarana sebesar 1,75 kali.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kepuasan mahasiswa, regresi logistik ordinal.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: Users 38264 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2017 12:55
Last Modified: 22 Feb 2017 12:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25055

Actions (login required)

View Item View Item