ANALISIS SURVIVAL FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAMA STUDI MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA ANGKATAN 2010 DENGAN METODE REGRESI COX PROPORTIONAL HAZARD


Rizki Fitriana , 4112313019 (2016) ANALISIS SURVIVAL FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAMA STUDI MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA ANGKATAN 2010 DENGAN METODE REGRESI COX PROPORTIONAL HAZARD. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4112313019.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya setiap perguruan tinggi akan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan mutu kelulusan para mahasiswanya, baik secara kuantitas maupun kualitas. Di Universitas Negeri Semarang waktu yang diperlukan mahasiswa jenjang S1 untuk menyelesaikan masa studinya adalah 4 tahun. Ada beberapa faktor yang diduga mempengaruhi lama studi mahasiswa seperti Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), penghasilan orang tua, jalur masuk, dan lain-lain. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang signifikan mempengaruhi lama studi mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Dokumentasi dan Metode Literatur. Dalam penelitian ini software yang digunakan adalah SPSS 20. Data yang digunakan adalah data lama studi mahasiswa Pendidikan Matematika angkatan 2010. Metode yang digunakan dalam analisis survival ini adalah metode regresi cox proportional hazard. Model regresi cox proportional hazard dapat menjelaskan pengaruh faktor independen dalam suatu kejadian. Tahapan dari analisis regresi cox proportional hazard yaitu pengujian asumsi proportional hazard, pengujian parameter model serentak, pengujian parameter model parsial (uji wald), rasio kegagalan dan taksiran peluang. Dari proses analisis survival dengan metode regresi cox proportional hazard diperoleh faktor yang signifikan mempengaruhi lama studi mahasiswa Pendidikan Matematika angkatan 2010 adalah Indeks Prestasi Kumulatif, model regresi cox proportional hazard untuk data lama studi mahasiswa Pendidikan Matematika adalah ( ) (- ( )- ( ) ) ( ), serta diperoleh peluang tertinggi mahasiswa yang lulus pada semester 8 yaitu mahasiswa semester 8 dengan IPK > 3,723 sebesar 0,73; dan peluang tertinggi mahasiswa yang lulus lebih dari 8 semester adalah mahasiswa semester 9 dengan IPK > 3,723 memiliki peluang sebesar 0,916; mahasiswa semester 10 dengan IPK > 3,723 memiliki peluang sebesar 0,943; mahasiswa semester 11 dengan IPK > 3,723 memiliki peluang sebesar 0,959. Dengan adanya penelitian ini dapat dijadikan masukan ke pengurus khususnya di Jurusan Matematika untuk mengkaji ulang kembali faktor-faktor yang mempengaruhi lama studi mahasiswa dan dapat dicari solusinya yang dapat mendukung agar waktu tempuh lama studi mahasiswa untuk jenjang S1 dapat tepat waktu yaitu 4 tahun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis survival, waktu lama studi, regresi cox proportional hazard
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: Users 38264 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2017 13:33
Last Modified: 16 Mar 2017 13:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25050

Actions (login required)

View Item View Item