ANALISIS PENGARUH SEKTOR INDUSTRI, PERDAGANGAN DAN PERTANIAN TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) DI KABUPATEN CILACAP


Aisyah Juniar Rakhmah , 4112313012 (2016) ANALISIS PENGARUH SEKTOR INDUSTRI, PERDAGANGAN DAN PERTANIAN TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) DI KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4112313012.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu alat ukur yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi adalah PDRB. Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah menganalisis pengaruh sektor industri, perdagangan dan pertanian terhadap PDRB di Kabupaten Cilacap. Data yang digunakan mulai dari tahun 2000-2014. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode studi pustaka dan metode dokumentasi. Data-data yang digunakan sebagai bahan analisis diperoleh dari BPS Kabupaten Cilacap. Analisis data dilakukan dengan Regresi Ganda. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji kenormalan data, multikolinearitas, heteroskedastisitas, autokorelasi, kemudian kelinearan dan keberartian. Diperoleh persamaan Regresi Ganda ̂ dengan X1 sektor industri, X2 sektor perdagangan dan X3 sektor pertanian dan Y adalah PDRB. Dengan Eviews diperoleh koefisien determinasi R2 = 0,9999 dan R2 = 1,0 untuk SPSS. Hasil pengujian dari keberartian dan keliniearan, diperoleh hasil bahwa ketiga variabel berarti dan linear terhadap Y. Secara menyeluruh sektor industri, perdagangan dan pertanian berpengaruh signifikan terhadap PDRB Kabupaten Cilacap yang memberikan pengaruh sebesar 99,99% untuk Eviews sedangkan sisanya 0,01 % dipengaruhi oleh variabel lain dan 100% untuk SPSS. Hal ini berarti penghasilan dari ketiga sektor tersebut mengalami kenaikkan dikarenakan jumlah penduduk Kabupaten Cilacap yang meningkat seiring dengan kebutuhan-kebutuhan masyarakat yang meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PDRB, Industri, Perdagangan, Pertanian, SPSS, Eviews
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: Users 38264 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2017 13:00
Last Modified: 22 Feb 2017 13:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25023

Actions (login required)

View Item View Item