PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MENEMUKAN INFORMASI UNTUK BAHAN DISKUSI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 WEDARIJAKSA KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2008/2009
Siti Murniati , 2101405674 (2009) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MENEMUKAN INFORMASI UNTUK BAHAN DISKUSI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 WEDARIJAKSA KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MENEMUKAN INFORMASI UNTUK BAHAN DISKUSI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 WEDARIJAKSA KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2008/2009)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran membaca mempunyai peranan penting dalam mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, diketahui bahwa tingkat membaca intensif menemukan informasi untuk bahan diskusi siswa masih rendah. Rendahnya keterampilan membaca intensif menemukan informasi untuk bahan diskusi disebabkan oleh faktor teknik pembelajaran yang digunakan guru masih kurang sesuai. Guru masih menerapkan pola pembelajaran konvensional sehingga tidak ada variasi dalam pembelajaran. Untuk mengatasi rendahnya keterampilan membaca intensif menemukan informasi untuk bahan diskusi tersebut, peneliti memberikan solusi dengan menggunakan teknik group investigation. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca intensif menemukan informasi untuk bahan diskusi siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Wedarijaksa Kabupaten Pati dengan menerapkan teknik group investigation? (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Wedarijaksa Kabupaten Pati dengan diadakan membaca intensif menemukan informasi untuk bahan diskusi dengan teknik group investigation? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca intensif menemukan informas untuk bahan diskusi pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Wedarijaksa Kabupaten Pati setelah menerapkan teknik group investigation; (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Wedarijaksa Kabupaten Pati setelah diadakan membaca intensif menemukan informasi untuk bahan diskusi dengan teknik group investigation. Subjek dalam penelitian ini adalah keterampilan membaca intensif menemukan informasi untuk bahan diskusi siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Wedarijaksa Kabupaten Pati tahun ajaran 2008/2009.Variabel yang diungkap dalam penelitian ini adalah keterampilan membaca intensif menemukan informasi untuk bahan diskusi dan teknik group investigation. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman jurnal, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa keterampilan membaca intensif menemukan informasi untuk bahan diskusi setelah mengikuti pembelajaran membaca intensif menemukan informasi untuk bahan diskusi dengan menggunakan teknik group investigation terbukti mengalami peningkatan. Hasil tes membaca intensif prasiklus menunjukkan nilai rata-rata sebesar 50,07 % dan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 61,07. Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 11%. Pada hasil tes menemukan informasi penting pada setiap paragraf prasiklus sebesar 20,12% dan pada siklus I sebesar 29,07%. Pada tes ini juga mengalami peningkatan sebesar 8,95%. Pada hasil tes merumuskan permasalahan prasiklus sebesar 30,8% dan pada siklus I sebesar 32,22%. Hal ini juga mengalami peningkatan sebesar 1,42%. Pada siklus II diperoleh nilai ratarata kelas untuk tes membaca intensif sebesar 74,3. Hal ini menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 13,22%. Untuk tes keterampilan menemukan informasi penting pada setiap paragraf diperoleh nilai rata-rata sebesar 30,4%. Hal ini juga menunjukkan adanya peningkatan sebesar 1,33% dari siklus I. Hasil tes merumuskan permasalahan siklus II sebesar 43,9%, terjadi peningkatan 11,68% dari siklus I. Perubahan tingkah laku siswa dapat dilihat secara jelas pada saat pembelajaran. Berdasarkan hasil data nontes siklus I, masih tampak perilaku negatif siswa saat pembelajaran berlangsung. Pada siklus II perilaku negatif siswa semakin berkurang dan perilaku positif siswa semakin bertambah. Saran yang dapat peneliti rekomendasikan antara lain (1) guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia kiranya dapat memanfaatkan teknik group investigation sebagai salah satu alternatif teknik pembelajaran dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran; (2) para praktisi atau peneliti di bidang bahasa dapat melakukan penelitian serupa dengan menggunakan teknik pembelajaran yang berbeda sehingga didapatkan berbagai alternatif teknik pembelajaran membaca intensif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | membaca intensif, informasi untuk bahan diskusi, group investigation. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 20 May 2011 07:17 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2502 |
Actions (login required)
View Item |