Pengaruh Multimedia Audio Visual sebagai Penyuluhan Interaktif dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Siswa SMP Negeri 2 Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2010.


Nesia Permatasari, 6450406082 (2010) Pengaruh Multimedia Audio Visual sebagai Penyuluhan Interaktif dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Siswa SMP Negeri 2 Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Multimedia Audio Visual sebagai Penyuluhan Interaktif dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Siswa SMP Negeri 2 Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2010]
Preview
PDF (Pengaruh Multimedia Audio Visual sebagai Penyuluhan Interaktif dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Siswa SMP Negeri 2 Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2010) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurangnya pengetahuan kesehatan reproduksi remaja dapat ditingkatkan dengan melakukan pendidikan kesehatan reproduksi remaja. Salah satu upaya tersebut adalah dengan menggunakan multimedia audio visual sebagai penyuluhan interaktif. Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah multimedia audio visual sebagai penyuluhan interaktif mempunyai pengaruh dalam meningkatan pengetahuan kesehatan reproduksi siswa SMP N 2 Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2010.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah multimedia audio visual sebagai penyuluhan interaktif mempunyai pengaruh dalam meningkatan pengetahuan kesehatan reproduksi siswa SMP N 2 Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2010. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan Control-Group Pretest-Posttest-Design. Populasi berjumlah 312 siswa. Sampel berjumlah 76 siswa yang diperoleh dengan metode quota sampling. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol, yang masing-masing berjumlah 38 responden. Instrumen yang digunakan berupa multimedia Audio Visual sebagai Penyuluhan Interaktif dan kuesioner. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan t-test berpasangan dan t-test tidak berpasangan. Pada kelompok eksperimen terdapat perbedaan pengetahuan kesehatan reproduksi siswa SMP antara pre-test dan post-test , karena nilai p (0,001<0,05). Namun pada kelompok kontrol, tidak terdapat perbedaan pengetahuan kesehatan reproduksi siswa SMP antara pre-test dan post-test, karena nilai p 0,149 > 0,05. Berdasarkan hasil analisis t-test tidak berpasangan terdapat perbedaan antara pre-test dan post-test kelompok eksperimen dan kontrol diperoleh nilai p (0,001)<0,05. Kesimpulannya adalah Multimedia Audio Visual sebagai Penyuluhan Interaktif mempunyai pengaruh dalam meningkatkan pengetahuan kesehatan reproduksi siswa SMP Negeri 2 Wonosegoro tahun 2010. Maka saran yang diajukan adalah kepada pihak sekolah hendaknya memberikan mata pelajaran atau ekstrakulikuler khusus tentang kesehatan terutama masalah kesehatan reproduksi, bagi DKK Boyolali hendaknya dijadikan bahan kajian dalam menentukan kebijakan penyuluhan yang dapat dilakukan dengan menggunakan multimedia audio visual sebagai penyuluhan interaktif untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi, bagi DISDIKPORA Boyolali hendaknya memasukkan materi pendidikan dan penyuluhan kesehatan ke dalam kurikulum khusus terutama materi tentang kesehatan reproduksi, bagi peneliti lanjutan hendaknya meneliti perbedaan tingkat pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dengan media lain, bagi Jurusan IKM hendaknya lebih meningkatkan keterampilan mahasiswa IKM dalam membuat media promosi kesehatan yang lebih inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Pengetahuan Kesehatan Reproduksi dan Siswa SMP
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Mar 2011 03:27
Last Modified: 25 Apr 2015 03:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25

Actions (login required)

View Item View Item