PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA SISWA KELAS III SD N DAREN 01 JEPARA TAHUN AJARAN 2008/2009


Suci Herwani , 2101405699 (2009) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA SISWA KELAS III SD N DAREN 01 JEPARA TAHUN AJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA SISWA KELAS III SD N DAREN 01 JEPARA TAHUN AJARAN 2008/2009]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA SISWA KELAS III SD N DAREN 01 JEPARA TAHUN AJARAN 2008/2009) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengajaran menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting bagi kehidupan. Melalui menulis siswa diharapkan mampu menuangkan ide atau gagasan dengan baik, sehingga dapat menghasilkan suatu karya yang baik pula. Oleh karena itu, menulis perlu diajarkan kepada siswa sejak memasuki usia sekolah. Namun, pengajaran menulis paragraf deskripsi di kelas III SD Negeri Daren 1 Kabupaten Jepara masih rendah. Penyebab rendahnya tingkat keterampilan menulis siswa ini disebabkan oleh dua faktor, yakni faktor internal dan faktor eksternal. Adapun faktor internal berasal dari dalam diri siswa yang meliputi, kurang dimilikinya minat dalam menulis, kesulitan menuangkan ide, dan kesulitan membedakan antara bentuk paragraf satu dengan yang lain. Faktor eksternal berasal dari guru dan lingkungan belajar. Guru masih menerapkan pola pembelajaran yang bersifat tradisional, teknik dan penggunaan media masih jarang akibatnya siswa merasa bosan dengan pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Selain itu, lingkungan belajar juga berpengaruh, suasana kelas yang ramai mengakibatkan siswa sulit berkonsentrasi. Berdasarkan paparan di atas, masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan media permainan Puzzle melalui pembelajaran kooperatif pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Daren 01, dan (2) bagaimanakah perubahan tingkah laku siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Daren 01 setelah menggunakan media permainan puzzle melalui pembelajaran kooperatif dalam menulis paragraf deskripsi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas III SD Negeri 1 Daren Jepara. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf deskripsi dan media puzzle melalui pembelajaran kooperatif. Pengambilan data pada prasiklus hanya menggunakan teknik tes, sedangkan pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Tes yang digunakan yaitu berupa tes keterampilan menulis paragraf deskripsi, sedangkan data nontes yang digunakan yaitu pedoman observasi, pedoman jurnal, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa setelah siswa mengikuti pengajaran menulis paragraf deskripsi dengan media puzzle melalui pembelajaran kooperatif pada siswa kelas III SD Negeri Daren 1 Kabupaten Jepara mengalami peningkatan. Pada prasiklus nilai rata-rata klasikal diperoleh sebesar 57,52. Pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata klasikal sebesar 63,92 atau meningkat sebesar 6,4 dari rata-rata prasiklus. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 10,72 dari rata-rata siklus I yaitu menjadi 74.64. Adanya peningkatan ini telah membuktikan bahwa pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan media puzzle melalui pembelajaran kooperatif berhasil. Keberhasilan ini juga diimbangi adanya perubahan perilaku yang siswa tunjukkan dari perilaku negatif ke perilaku positif. Pada siklus II siswa tampak senang dan tertarik mengikuti pengajaran menulis paragraf deskripsi dengan media puzzle melalui pembelajaran kooperatif yang peneliti terapkan. Siswa juga terlihat semakin aktif mengikuti pembelajaran pada hari itu. Adapun saran yang diberikan adalah (1) guru Bahasa dan Sastra Indonesia dalam proses pembelajaran hendaknya menggunakan media puzzle dan model pembelajaran kooperatif sebagai salah satu alternatif untuk pembelajaran keterampilan menulis paragraf deskripsi, (2) siswa hendaknya lebih banyak berlatih menulis agar kemampuannya dapat terus meningkat salah satunya dengan memanfaatkan media puzzle, dan (3) peneliti di bidang pendidikan maupun bahasa hendaknya selalu termotivasi untuk melakukan penelitian tentang penerapan teknik-teknik pengajaran yang lain, sehingga diperoleh alternatif teknik pengajaran baru, khususnya tentang menulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, paragraf deskripsi, media puzzle, dan pembelajaran kooperatif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 20 May 2011 03:31
Last Modified: 25 Apr 2015 04:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2493

Actions (login required)

View Item View Item