ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG


Ni’mah Mulyaning Tyas, 1401412428 (2016) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412428.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan sarana untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari sehingga perlu dikuasai dengan baik, namun sebagian besar siswa menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit, khususnya siswa kelas IV SD di kecamatan Ungaran barat Kabupaten Semarang. Persepsi bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit diperkuat dengan hasil belajar matematika yang masih rendah. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu 1) Apakah kesulitan belajar matematika yang dialami siswa?; 2) Mengapa siswa kesulitan belajar matematika?; 3) Bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar matematika? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesulitan yang dialami siswa, faktor penyebab kesulitan matematika, dan upaya untuk mengatasi kesulitan belajar matematika. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek 25 siswa yang terindikasi kesulitan belajar matematika. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Simpulan hasil penelitian ini yaitu jenis kesulitan belajar yang dialami oleh siswa yaitu kesulitan memahami konsep perbandingan pecahan, kesulitan dalam menghitung bilangan bulat, dan kesulitan memecahkan masalah pada soal cerita. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi sikap negatif dalam belajar matematika, motivasi belajar masih rendah, kesehatan tubuh tidak optimal, dan kemampuan pengindraan. Sedangkan faktor eksternal meliputi kurangnya variasi mengajar guru, penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal, sarana prasarana di sekolah, serta lingkungan keluarga. Disarankan kepada guru agar mengajarkan matematika sesuai dengan teori belajar matematika disertai alat peraga untuk meningkatkan motivasi dan menumbuhkan sikap positif siswa. Bagi siswa hendaknya memiliki sikap positif pada pelajaran matematika dan memperbanyak latihan soal. Bagi orang tua hendaknya memperhatikan perkembangan belajar siswa khususnya pada kesulitan belajar matematika dengan menjalin kerja sama dengan guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Matematika, Sekolah Dasar, Teori Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 38255 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2017 07:04
Last Modified: 07 Feb 2017 07:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24893

Actions (login required)

View Item View Item