PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI DENGAN TEKNIK PENGEMBANGAN KERANGKA KARANGAN SISWA XB MA NU 05 GEMUH-KENDAL


Ika Kurniawanti , 2101405709 (2009) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI DENGAN TEKNIK PENGEMBANGAN KERANGKA KARANGAN SISWA XB MA NU 05 GEMUH-KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI DENGAN TEKNIK PENGEMBANGAN KERANGKA KARANGAN SISWA XB MA NU 05 GEMUH-KENDAL]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI DENGAN TEKNIK PENGEMBANGAN KERANGKA KARANGAN SISWA XB MA NU 05 GEMUH-KENDAL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis sebagai keterampilan berbahasa yang sangat produktif perlu mendapat prioritas karena keterampilan menulis tidak datang secara otomatis. Untuk dapat menguasainya harus melalui latihan dan praktik yang banyak dan teratur. Di MA NU 05 Gemuh-Kendal khususnya kelas XB masih banyak siswa yang kurang memiliki keterampilan menulis, khususnya menulis cerpen. Adapun kekurangan tersebut disebabkan oleh (1) sebagian siswa masih banyak yang belum paham tentang bagaimana menulis cerpen yang baik, (2) rendahnya minat siswa dalam menulis, khususnya menulis cerpen, (3) tingkat pemahaman unsur-unsur pembangun cerpen dan kemampuan siswa dalam mengembangkan cerita masih kurang. Salah satu upaya yang dapat dijadikan alternatif pemecahan permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan teknik pengembangan kerangka karangan dalam pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi siswa masing-maing sehingga teknik ini membantu memudahkan siswa dalam mengembangkan cerita yang akan ditulisnya sesuai dengan peristiwa atau kejadian yang pernah mereka alami. Berdasarkan uraian tersebut, permasalahan yang diungkapkan dalam penelitian ini yaitu: (1) seberapa besar peningkatan keterampilan siswa dalam menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dengan teknik pengembangan kerangka karangan pada siswa kelas XB MA NU 05 Gemuh- Kendal, (2) bagaimana perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dengan teknik pengembangan kerangka karangan. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui keterampilan siswa kelas XB MA NU 05 Gemuh dalam menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dan mengetahui perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dengan teknik pengembangan kerangka karangan. Manfaat penelitian ini ada dua macam, yaitu manfaat praktis dan manfaat teoretis. Manfaat secara praktis yaitu (a) bagi siswa, penelitian ini siswa mendapat pengalaman belajar melalui pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi teknik pengembangan kerangka karangan, (b) bagi guru, penelitian tindakan kelas ini dapat memberikan alternatif dan meningkatkan sistem pembelajaran di kelas khususnya dalam pembelajaran menulis cerpen, (c) bagi peneliti, penelitian ini dapat dijadikan bahan masukan bagi penelitian lanjutan yang berhubungan dengan keaktifan siswa, (d) bagi sekolah, penelitian ini dapat menambah pengetahuan tentang teknik atau metode pembelajaran sehingga membantu peningkatan visi dan misi sekolah serta meningkatkan kecerdasan peserta didik dan kualitas sekolah mencapai yang lebih baik. Sedangkan manfaat secara teoretis yaitu penelitian ini dapat memberikan wawasan bagi guru bahasa Indonesia mengenai pembelajaran menulis cerpen disesuaikan dengan kelemahan-kelemahan yang terindentifikasi dari siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi dua siklus. Tiap-tiap siklus dilakukan secara berulang yang terdiri atas empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Data penelitian diambil melalui tes dan nontes. Alat pengambilan data tes yang digunakan berupa tes unjuk kerja menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi. Untuk data nontes yang digunakan berupa pedoman observasi, jurnal siswa, wawancara dan dokumentasi foto. Selanjutnya data analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa menulis cerita pendek berdasarkan pengalaman pribadi dengan teknik pengembangan kerangka karangan dapat meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus I sebesar 67,82 sedangkan pada siklus II hasil nilai rata-rata yang dicapai sebesar 75,46. Dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 7,64 atau 14,54%. Perilaku yang ditunjukkan siswa pun berubah ke arah yang lebih positif setelah mengikuti pembelajaran tersebut. Siswa lebih antusias dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dengan teknik pengembangan kerangka karangan. Perhatian siswa sudah terfokus terhadap materi yang diajarkan oleh guru atau peneliti dan siswa pun tidak segan untuk bertanya apabila mengalami kesulitan dalam menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dengan teknik pengembangan kerangka karangan. Siswa yang pada siklus I melakukan tindakan-tindakan yang kurang baik seperti mengobrol sendiri dengan teman, tidur sewaktu diberi penjelasan materi oleh guru, namun pada siklus II mulai berkurang dan lebih baik lagi karena diberi arahan dan nasehat oleh guru atau peneliti. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan mampu memberikan nasihat pemikiran dan masukan bagi peneliti selanjutnya. Bagi guru diharapkan dapat memilih strategi yang sesuai dengan materi yang disampaikan mengacu pada hasil penelitian dan pembahasan, saran yang dapat direkomendasikan antara lain: (1) guru Bahasa& Sastra Indonesia dalam proses pembelajaran, sebaiknya berperan sebagai fasilitator dan motivator agar pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia menjadi pengalaman yang nyata bagi siswa, (2) guru dapat menjadikan teknik pengembangan kerangka karangan sebagai alternatif dalam pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi karena mendorong kreativitas siswa dalam pembelajaran, (3) kepada peneliti lain apabila melakukan penelitian tentang kemampuan menulis cerpen alangkah baiknya menggunakan teknik yang berbeda sehingga menambah teknik pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis cerpen, pengalaman pribadi, teknik pengembangan kerangka karangan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 20 May 2011 02:03
Last Modified: 25 Apr 2015 04:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2486

Actions (login required)

View Item View Item