PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG YANG MELAKUKAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN AJARAN 2008/2009
Ratna Yuliasanti Rahayu , 5101404002 (2009) PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG YANG MELAKUKAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN AJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG YANG MELAKUKAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN AJARAN 2008/2009)
- Published Version
Download (563kB) | Preview |
Abstract
Salah satu tugas Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyiapkan tenaga kependidikan yang wajib mengikuti proses pembentukan kompetensi melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Untuk mengetahui kompetensi profesional diperlukan informasi dari guru pembimbing. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi guru pamong terhadap kompetensi professional yang meliputi penguasaan bahan, pengelolaan program pengajaran, pengelolaan kelas, penggunaan media dan interaksi belajar mengajar mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang yang melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Negeri 3, 4, 5, 7 Semarang dan SMK Negeri 2 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Variabelnya kompetensi profesional. Populasi yakni guru pamong yang membimbing mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan tahun ajaran 2008/2009 dengan jumlah 7 sekolah dan sampel hanya diambil 5 sekolah. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif untuk menjelaskan terhadap kompetensi mengajar. Dari hasil penelitian, persepsi guru pamong terhadap kompetensi professional mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan tentang penguasaan bahan dalam kategori baik dengan rata-rata 3,56, pengelolaan program pengajaran menunjukkan dengan rata-rata 3,51 dalam kategori baik, pengelolaan kelas dalam kategori baik dengan rata-rata 3,71, penggunaan media menunjukkan dalam kategori cukup dengan rata-rata 3,35, interaksi belajar mengajar tergolong baik dengan ratarata 3,62. Dengan demikian disimpulkan bahwa persepsi guru pamong terhadap kompetensi profesional mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang yang melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada tahun ajaran 2008/2009 dalam kategori baik Saran, Bagi mahasiswa perlu mempertahankan dan meningkatan kompetensi prosesional dan dibekali kemampuan membuat media pembelajaran yang sederhana, agar mahasiswa PPL siap terjun di sekolah praktek dengan bekal yang cukup, sehingga mahasiswa PPL dalam menyampaikan materi mampu menarik perhatian siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Kompetensi profesional. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 20 May 2011 01:48 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2485 |
Actions (login required)
View Item |