HUBUNGAN INTELLIGENCE QUOTIENT DAN KEPRIBADIAN DENGAN PENGUASAAN TEKNIK GERAKAN “KATA” PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER KARATE SMP NEGERI 1 UNGARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010-2011

Priwanti Ningrum , 6301406001 (2011) HUBUNGAN INTELLIGENCE QUOTIENT DAN KEPRIBADIAN DENGAN PENGUASAAN TEKNIK GERAKAN “KATA” PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER KARATE SMP NEGERI 1 UNGARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010-2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (HUBUNGAN INTELLIGENCE QUOTIENT DAN KEPRIBADIAN DENGAN PENGUASAAN TEKNIK GERAKAN “KATA” PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER KARATE SMP NEGERI 1 UNGARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010-2011) - Published Version
Download (1569Kb)

    Abstract

    Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah ada hubungan yang signifikan antara Intelligence Quotient terhadap penguasaan teknik gerakan “Kata”?. 2) Apakah ada hubungan yang signifikan antara kepribadian terhadap penguasaan teknik gerakan “Kata”?. 3) Apakah ada hubungan yang signifikan antara Intelligence Quotient dan kepribadian terhadap penguasaan teknik gerakan “Kata”?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hubungan yang signifikan antara Intelligence Quotient terhadap penguasaan teknik gerakan “Kata”. 2) Hubungan yang signifikan antara kepribadian terhadap penguasaan teknik gerakan “Kata”.3) Hubungan yang signifikan antara Intelligence Quotient kepribadian terhadap penguasaan teknik gerakan “Kata”. Metode penelitian yang digunakan adalah survey, dengan tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakurikuler Karate SMP Negeri 1 Ungaran Tahun Pembelajaran 2010-2011, sejumlah 17 orang, sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Pengolahan data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) uji normalitas data, 2) uji homogenitas, 3) Uji linieritas garis regresi, 4) Uji keberartian model garis regresi dan uji korelasi atau uji regresi tunggal yang pengolahan data menggunakan komputerisasi SPSS versi 10. Tetapi karena banyak variabel yang tidak signifikan, maka uji parametrik yaitu uji parametrik tidak bisa dilanjutkan maka uji yang digunakan adalah uji non parametrik yaitu uji Kendall's tau_b. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Berdasarkan perhitungan diperoleh angka sebesar 0.017 < 0.05, maka ada hubungan atau korelasi antara kecerdasan dengan teknik gerakan Kata. 2) Karena diperoleh nilai F hitung sebesar 0.884 dengan nilai signifikansi sebesar 0.502 > 0.05, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan. 3) Diperoleh nilai F hitung sebesar 1.573 dan nilai signifikansi sebesar 0.246 > 0.05 kesimpulannya adalah tidak signifikan, maka tidak ada hubungan antara kecerdasan dan kepribadian dengan penguasaan gerakan Kata. Saran yang penulis ajukan adalah : 1) Kepada para siswa pemain disarankan untuk melakukan latihan gerakan “Kata” dengan baik. 2) Bagi SMP Negeri 1 Ungaran disarankan dapat memberikan porsi latihan karate yang lebih banyak agar dapat meningkatkan kemampuan dalam menguasai teknik gerakan “Kata” dengan baik. 3) Bagi pelatih karate SMP Negeri 1 Ungaran disarankan agar mengefektifkan latihan “Kata” karena penguasan teknik gerakan “Kata” akan memberi sumbangan nilai yang tinggi terhadap nilai pertandingan secara umum. 4) memberikan motivasi dan dukungan yang besar kepada para siswa yang mengikuti ekstrakurikuler karate bahwa dengan memiliki intelligence dan kepribadian yang tinggi maka akan lebih menguasai gerakan “Kata” tersebut.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: karate
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 19 May 2011 21:30
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:49

    Actions (login required)

    View Item