KOMPARASI HASIL BELAJAR GEOGRAFI POKOK BAHASAN HIDROSFER MODEL PEMBELAJARAN CERAMAH BERVARIASI DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) KELAS X SMA NEGERI 1 BATANG KABUPATEN BATANG


INTAN NOVITA SARI , 3201406517 (2011) KOMPARASI HASIL BELAJAR GEOGRAFI POKOK BAHASAN HIDROSFER MODEL PEMBELAJARAN CERAMAH BERVARIASI DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) KELAS X SMA NEGERI 1 BATANG KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KOMPARASI HASIL BELAJAR GEOGRAFI POKOK BAHASAN HIDROSFER MODEL PEMBELAJARAN CERAMAH BERVARIASI DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) KELAS X SMA NEGERI 1 BATANG KABUPATEN BATANG]
Preview
PDF (KOMPARASI HASIL BELAJAR GEOGRAFI POKOK BAHASAN HIDROSFER MODEL PEMBELAJARAN CERAMAH BERVARIASI DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) KELAS X SMA NEGERI 1 BATANG KABUPATEN BATANG) - Published Version
Download (918kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Batang berdasarkan pengamatan peneliti selama observasi di lapangan masih disampaikan dengan model pembelajaran Ceramah Bervariasi, sehingga perlu adanya variasi dalam menyampaikan materi. Berbagai model pembelajaran yang diciptakan untuk meningkatkan hasil belajar salah satunya adalah model pembelajaran Student Team Achievement Division. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) apakah ada perbedaan hasil belajar geografi pokok bahasan hidrosfer diantara model pembelajaran Ceramah Bervariasi dan Student Team Achievement Division kelas X SMA Negeri 1 Batang Kabupaten Batang? (2) manakah model pembelajaran yang tepat diterapkan diantara model pembelajaran Ceramah Bervariasi dan Student Team Achievement Division pada pokok bahasan hidrosfer kelas X SMA Negeri 1 Batang Kabupaten Batang? Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan hasil belajar geografi pokok bahasan hidrosfer diantara model pembelajaran Ceramah Bervariasi dan Student Team Achievement Division kelas X SMA Negeri 1 Batang Kabupaten Batang, (2) mengetahui model pembelajaran yang tepat digunakan diantara model pembelajaran Ceramah Bervariasi dan model pembelajaran Student Team Achievement Division pada pokok bahasan hidrosfer kelas X SMA Negeri 1 Batang. Populasi penelitian adalah siswa kelas X semester genap SMA Negeri 1 Batang Kabupaten Batang terdiri dari 8 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X 1 jumlah 32 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas X 2 jumlah 32 siswa sebagai kelompok kontrol. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Ceramah Bervariasi dan model pembelajaran Student Team Achievement Division sebagai variabel bebas serta hasil belajar geografi sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil belajar kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran Ceramah Bervariasi berbeda. Hal ini terlihat dari nilai pretest untuk kelas ekperimen rata-rata nilai pretest adalah 68,69, sedangkan pada kelas kontrol rata-rata nilai pretest adalah 68,34. Nilai postest pada kelas kontrol rata-rata nilainya mencapai 66,34, ix sedangkan kelas ekperimen rata-rata nilainya mencapai 73,75. Berdasarkan uji t untuk data postest diperoleh = 3,136 > = 1,67 sehingga hipotesis diterima. Berdasarkan kesimpulan menunjukkan bahwa : (1) model pembelajaran Student Team Achievement Division dan model pembelajaran Ceramah Bervariasi menunjukkan perbedaan hasil belajar geografi pada pokok bahasan Hidrosfer di SMA Negeri 1 Batang, (2) pembelajaran dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division bisa meningkatkan hasil belajar geografi dibandingkan dengan model pembelajaran Ceramah Bervariasi pada siswa SMA Negeri 1 Batang karena menekankan setiap siswa saling berinteraksi antar anggota kelompoknya. Saran yang dikemukakan adalah : (1) proses pembelajaran dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division dapat berjalan dengan lancar, seharusnya sekolah menyediakan sarana dan prasarana serta media yang dapat menunjang proses pembelajaran geografi di sekolah, (2) siswa hendaknya lebih memaksimalkan hasil belajar geografi khususnya pemanfaatan sumber belajar Geografi baik di perpustakaan sekolah maupun menggunakan media yang lain yang ada agar memperoleh nilai yang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Geografi, Ceramah Bervariasi, Student Team Achievement Division (STAD)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 20 May 2011 01:17
Last Modified: 25 Apr 2015 04:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2482

Actions (login required)

View Item View Item