AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA WAHID HASYIM TERSONO KABUPATEN BATANG

Ahmad Syaidur Rozat , 3201412141 (2017) AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA WAHID HASYIM TERSONO KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (3961Kb)

    Abstract

    Aktivitas belajar siswa di luar kelas atau outdoor study dapat membentuk jiwa kritis siswa dan menambah pengalaman belajar siswa karena dalam pembelajaran outdoor study siswa langsung berhubungan dengan objek belajar yang nyata. Dalam pembelajaran geografi lingkungan dapat dijadikan sebagai objek pembelajaran, sehingga metode outdoor study dapat digunakan dalam pembelajaran geografi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah seberapa besar tingkat aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran outdoor study pada mata pelajaran geografi di SMA Wahid Hasyim Tersono. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran outdoor study pada mata pelajaran geografi di SMA Wahid Hayim Tesono. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMA Wahid Hasyim Tersono Kabupaten Batang tahun pelajaran 2016/2017 yang mendapatkan mata pelajaran geografi sebanyak 154 siswa. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan proportionate random sampling dan diambil 25% (38 siswa). Variabel yang diteliti adalah aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran outdoor study yang terdiri dari tiga sub variabel yaitu mengumpulkan data, analisis data pengamatan, dan presentasi hasil laporan. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi dengan instrumen rating scale. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan analisis frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran outdoor study pada mata pelajaran geografi di SMA Wahid Hasyim Tersono pada kategori “tinggi”, dengan rata-rata skor 34,75 dengan presentase 76,36%. Dilihat dari masing-masing sub variabel juga memiliki kategori tinggi yatu sebagai beikut; 1) aktivitas siswa dalam mengumpulkan data pada kategori “tinggi” (84,21%), 2) aktivitas siswa dalam menganalisis data pada kategori “tinggi” (65,79%), 3) aktivitas siswa dalam presentasi hasil laporan pada kategori “tinggi” (47,37%). Kategori ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran outdoor study siswa selalu aktif dalam setiap indikator yang ada mulai dari kegiatan pengumpulan data, kegiatan analisis data pengamatan, dan kegiatan presentasi hasil laporan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Secara umum kriteria aktivitas belajar siswa termasuk pada kategori “tinggi” dengan rata-rata skor 34,75 (76,32%). Saran yang dapat diberikan diantaranya; 1) siswa hendaknya dapat menggambarkan atau mengvisualisasikan keadaan yang ada di lapangan dengan jelas dengan cara membawa keadaan lingkungan sekitar ke dalam kelas dalam bentuk gambar fenomena alam maupun yang lainya, 2) siswa hendaknya dapat mempresentasikan hasil pengamatan lingkungan secara tepat dan kongkrit sesuai dengan keadaan yang ada di lapangan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Metode Outdoor Study
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: pkl7 tik 2017
    Date Deposited: 07 Feb 2017 02:00
    Last Modified: 07 Feb 2017 02:00

    Actions (login required)

    View Item