EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERUPA PENGELOLAAN SAMPAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DI SMP NEGERI 11 SEMARANG

Ima Utari Siregar, 3201412007 (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERUPA PENGELOLAAN SAMPAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DI SMP NEGERI 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (2696Kb)

    Abstract

    Banyaknya sampah yang berada tidak di tempatnya menunjukkan tujuan pembelajaran usaha pelestarian lingkungan belum tersampaikan secara optimal. Hal tersebut, bisa disebabkan karena cara penyampaian yang kurang berkesan atau kurang tepat. Menyampaikan materi harusnya menggunakan metode atau model yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi dan berperan langsung dalam pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan materi harusnya dapat menarik perhatian siswa, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai akan mengakibatkan proses pembelajaran tidak optimal dan tujuan pembelajaran itu sendiri tidak akan tercapai. Tujuan dari penelitian ini, mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis proyek berupa pengelolaan sampah terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi usaha pelestarian lingkungan hidup di SMPN 11 Semarang. Sampel penelitian meliputi VIII E (kelas eksperimen) dan VIII D (kelas kontrol). Variabel dalam penelitian ini terdiri dari aktvitas belajar, kinerja guru, hasil belajar dan kegiatan pengelolaan sampah. Metode pengumpulan data berupa: dokumentasi, tes, angket dan observasi. Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian diperoleh, bahwa tingkat awal pengetahuan usaha pelestarian lingkungan hidup siswa SMPN 11 Semarang dapat dikatakan rendah karena rata-rata kedua kelas tidak mencapai 75. Pelaksanaan Pembelajaran berbasis proyek berupa pengelolaan sampah berdasarkan kinerja guru menunjukkan bahwa kelas eksperimen menunjukkan rata- rata 76% yang masuk dalam kriteria baik dan aktivitas belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol karena memiliki persentase 81 % yang termasuk dalam kriteria sangat aktif. Sedangkan berdasarkan respon positif siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis proyek berupa pengelolaan sampah mencapai 56% atau 19 dari 34 siswa sangat tertarik. Tingkat efektivitas menggunakan pembelajaran berbasis proyek berupa pengelolaan sampah dapat diketahui melalui: uji t dengan dk =n1+n2-2 t(hitung) 7,155 rata-rata dengan t (0,95)(66) menunjukkan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas eksperimen secara klasikal di atas Kriteria Ketentuan Minimal (KKM) karena mencapai 91% sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 68%. Saran, guru perlu menerapkan model pembelajaran berbasis proyek untuk materi lainya. Untuk penelitian selanjutnya disarankan agar dapat meneliti media, sumber bahan ajar, fasilitas belajar dan kegiatan siswa dalam pembelajaran untuk melengkapi penelitian yang telah dilakukan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Efektif, Pembelajaran Berbasis Proyek Barupa Pengelolaan Sampah
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: pkl7 tik 2017
    Date Deposited: 07 Feb 2017 02:27
    Last Modified: 07 Feb 2017 02:27

    Actions (login required)

    View Item