EFEKTIVITAS MEDIA GAMBAR SERI DENGAN TEKNIK CERITA BERANTAI UNTUK PENGUASAAN MUFRODAT DAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs N 1 SURAKARTA


Rifqi Hakim Aisyul Fakih, 2303412002 (2016) EFEKTIVITAS MEDIA GAMBAR SERI DENGAN TEKNIK CERITA BERANTAI UNTUK PENGUASAAN MUFRODAT DAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs N 1 SURAKARTA. Under Graduates thesis, Uneversitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303412002.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh setiap siswa, tetapi kenyataannya, keterampilan siswa dalam berbicara masih rendah. Minat dan partisipasi siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab masih kurang hal ini terlihat ketika proses pembelajaran berlangsung, siswa tidak fokus dengan materi dan cenderung berkegiatan sendiri. Penggunaan media dalam proses pembelajaran juga kurang bervariasi. Oleh karena itu, perlu adanya media pembelajaran supaya motivasi siswa dalam belajar tinggi. Salah satunya yaitu dengan menggunakan media gambar seri dengan teknik cerita berantai dalam keterampilan berbicara bahasa Arab. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan media gambar seri dengan teknik cerita berantai untuk meningkatkan penguasaan mufrodat dan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs N 1 Surakarta dan apakah media gambar seri dengan teknik cerita berantai efektif untuk meningkatkan penguasaan mufrodat dan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs N 1 Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan media gambar seri dengan teknik cerita berantai untuk peningkatan penguasaan mufrodat dan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs N 1 Surakarta dan untuk mengetahui efektivitas media gambar seri dengan teknik cerita berantai untuk penguasaan mufrodat dan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs N 1 Surakarta. Desain penelitian ini adalah eksperimen, dengan cara membandingkan hasil kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Instrumen yang digunakan adalah instrument tes. Teknik pengumpulan data berupa tes. Teknik analisis data adalah uji validitas, reliabilitas, nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas control, uji normalitas, uji kesamaan dua varian, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan dari pretest ke posttest. Dari data tes dapat diketahui peningkatan nilai rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah 35 siswa setiap kelasnya. Pada pretest kelas kontrol mendapat nilai rata-rata 69,51 dan rata-rata nilai posttest 73,47. Sedangkan pada kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata pretest 69 dan nilai rata-rata posttest 80,61, dan diperoleh thitung 9,80 dan ttabel 1,97 karena thitung > ttabel, maka hipotesis yang diterima dalam penelitian ini adalah hipotesis kerja (Ha) yaitu media gambar seri dengan teknik cerita berantai efektif untuk meningkatkan penguasaan mufrodat dan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs N 1 Surakarta.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Media Gambar Seri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Users 38261 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2017 07:23
Last Modified: 07 Feb 2017 07:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24702

Actions (login required)

View Item View Item