Studi Komparasi Hasil Belajar Akuntansi Melalui Pembelajaran Kooperatif Antara Metode Think Pair Share (TPS) Dengan Metode Teams Assisted Individualization (TAI) Pada SMK PGRI 1 Mejobo Kudus.

Dewi Sukorini, 3301404532 (2008) Studi Komparasi Hasil Belajar Akuntansi Melalui Pembelajaran Kooperatif Antara Metode Think Pair Share (TPS) Dengan Metode Teams Assisted Individualization (TAI) Pada SMK PGRI 1 Mejobo Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Studi Komparasi Hasil Belajar Akuntansi Melalui Pembelajaran Kooperatif Antara Metode Think Pair Share (TPS) Dengan Metode Teams Assisted Individualization (TAI) Pada SMK PGRI 1 Mejobo Kudus.) - Published Version
Download (728Kb)

    Abstract

    Pembelajaran kooperatif tipe TPS merupakan jenis pembelajaran yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Sedangkan pembelajaran kooperatif tipe TAI merupakan pembelajaran yang berorientasi pada siswa, siswa ditempatkan dalam kelompok-kelompok kecil (4 sampai 5) yang heterogen dan dilanjutkan pemberian bantuan secara individu bagi siswa yang memerlukan. Permasalahan dalam penelitian ini apakah ada perbedaan hasil belajar akuntansi dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI pada SMK PGRI 1 Mejobo Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pembelajaran akuntansi antara penggunaan pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI dan untuk mengetahui metode mana yang lebih sesuai antara pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI pada SMK PGRI 1 Mejobo Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X akuntansi SMK PGRI 1 Kudus, dengan jumlah 126 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan tehnik Purposive Sampling. Pengambilan sampel berdasarkan pola M-S (Matching by Subject). Diperoleh kelompok eksperimen 1 berjumlah 42 siswa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TAI sedangkan kelompok eksperimen 2 berjumlah 42 siswa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, observasi, tes dan angket. Sebelum pembelajaran dilaksanakan, ketiga kelas dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji analisis varians yang diperoleh dari nilai ulangan harian akuntansi. Dari analisis data awal ini yaitu untuk mengetahui bahwa ketiga kelas berawal dari keadaan yang sama (homogen). Sedangkan data post test digunakan untuk mengetahui hasil belajar kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2. Berdasarkan uji normalitas data post test diketahui data tersebut berdistribusi normal, eksperimen 1 diketahui nilai Asymp. Sig (2-tailed) 0,796 > 0,05 level of significant (α), Sedangkan pada eksperimen 2 nilai Asymp. Sig (2-tailed) 0,526 >0,05 level of significant (α). Uji homogenitas data Post Test menunjukkan kedua kelas dalam keadaan homogen karena taraf signifikansi sebesar 0,923 lebih besar dari taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan uji t diperoleh t hitung sebesar 2,221 sedangkan t tabel = 1,99 sehingga thitung > ttabel maka hipotesis nol yang menyatakan tidak ada perbedaan antara eksperimen 1 dan kelompok 2 ditolak. Dengan demikian ada perbedaan hasil belajar siswa antar eksperimen 1 dan eksperimen 2. Dari hasil Post Test diperoleh nilai rata-rata eksperimen 1 yaitu 82,62 dan nilai rata-rata eksperimen 2 yaitu 79. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif tipe TPS. Oleh karena itu disarankan agar pembelajaran akuntansi dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat diterapkan guru sebagai pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Metode Think Pair Share (TPS), Metode Teams Assisted Individualization (TAI) dan Hasil Belajar
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 24 Mar 2011 21:49
    Last Modified: 24 Apr 2015 23:56

    Actions (login required)

    View Item