ANALISIS KOMPARASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DAN METODE WEIGHTED PRODUCT PADA SPK REKRUTMEN KARYAWAN BARU DI PT. WARTA MEDIA NUSANTARA

Agus Setyawan, 4611412002 (2016) ANALISIS KOMPARASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DAN METODE WEIGHTED PRODUCT PADA SPK REKRUTMEN KARYAWAN BARU DI PT. WARTA MEDIA NUSANTARA. Under Graduates thesis, Uneversitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (3208Kb)

    Abstract

    Rekrutmen Karyawan Baru adalah kegiatan pencarian SDM berkompeten yang dapat mengisi posisi bidang pekerjaan tertentu yang telah ditentukan perusahaan. Banyaknya kendala yang dihadapi ketika proses perekrutan di PT. Warta Media Nusantara menjadikan kekurang tepatan pengambilan keputusan untuk calon karyawan yang layak diterima di perusahaan. Adanya metode MADM dirasa mampu menjawab permasalahan tersebut. Dari berbagai macam metode MADM, Simple Additive Weighting (SAW) dan Weighted Product (WP) dipilih guna diterapkan di dalam sistem pendukung keputusan kemudian dianalisis perbedaan dari kedua metode tersebut di dalam menangani permasalahan rekrutmen karyawan baru di PT. Warta Media Nusantara. Data yang digunakan pada penerapan metode SAW dan metode WP di dalam SPK Rekrutmen Karyawan Baru tersebut didapat dari dokumentasi data yang tersedia di PT. Warta Media Nusantara. Data tersebut berupa data kriteria perekrutan karyawan baru beserta beserta data alternatif calon karyawan pada bidang Admin Advertising. Dari penelitian ini dihasilkan sebuah sistem pendukung keputusan rekrutmen karyawan baru dengan metode SAW dan juga metode WP yang dirancang menggunakan Metode Waterfall. Setiap metode memberikan hasil berupa nilai preferensi yang diberikan terhadap seluruh alternatif calon karyawan. Terdapat beberapa perbedaan urutan hasil perankingan dari metode SAW dan WP yang disebabkan karena pengaruh nilai kinerja alternatif, nilai bobot dari setiap kriteria, dan juga perbedaan cara perhitungan dari masing-masing metode. Hasil yang diberikan meto WP diketahui lebih teliti dibandingkan metode SAW. Dari segi waktu eksekusi, diketahui bahwa metode SAW lebih cepat melakukan perhitungan daripada metode WP. Hal ini karena proses perhitungan metode SAW lebih sederhana sehingga membuat waktu eksekusi metode SAW relatif lebih cepat dari metode WP. Simpulan yang diperoleh yaitu penerapan metode SAW dan WP di dalam SPK rekrutmen karyawan baru menggunakan Metode Waterfall memberikan hasil implementasi perankingan di mana calon karyawan dengan peringkat 10 teratas sesuai dengan data karyawan baru yang diterima. Hasil dari metode WP diketahui ebih teliti, adanya beberapa perbedaan hasil urutan alternatif, dikarenakan berbedanya perhitungan masing-masing metode dan juga pengaruh nilai kinerja alternatif dan nilai bobot kriteria. Metode SAW lebih sederhana proses perhitungannya, sehingga waktu eksekusi yang dibutuhkan pun lebih cepat daripada metode WP.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting (SAW), Weighted Poduct (WP).
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
    Depositing User: pkl8 tik 2017
    Date Deposited: 07 Feb 2017 02:22
    Last Modified: 07 Feb 2017 02:22

    Actions (login required)

    View Item