ESTIMASI PRODUKTIVITAS TANAMAN PADI MENGGUNAKAN TEKNIK PENGINDERAAN JAUH DALAM MENDUKUNG PROGRAM SWASEMBADA PANGAN DI KABUPATEN PATI


Ahmad Yazidun Nafi’, 3211412037 (2016) ESTIMASI PRODUKTIVITAS TANAMAN PADI MENGGUNAKAN TEKNIK PENGINDERAAN JAUH DALAM MENDUKUNG PROGRAM SWASEMBADA PANGAN DI KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3211412037.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kabupaten Pati merupakan salah satu daerah penghasil beras terbanyak secara nasional. Akan tetapi kurangnya data tentang produktivitas tanaman padi yang menyediakan informasi secara cepat, akurat, hemat dan efisien turut berperan sebagai salah satu faktor penghambat kurangnya data tentang swasembada pangan. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana hubungan nilai Normalized Difference Vegetation Index(NDVI) dengan produktivitas padi di Kabupaten Pati, 2) bagaimana estimasi produktivitas padi dalam mendukung program swasembada pangan di Kabupaten Pati?. Tujuannya adalah membuat model regresi linier sederhana antara NDVI dengan produktivitas padi. Manfaat yang diperoleh baik secara teoritis maupun praktis. Populasi dalam penelitian ini adalah luas sawah Kabupaten Pati. Sampel berjumlah 85 titik yang didasarkan pada hasil interpretasi NDVI. Pengambilan sampel ini menggunakan metode simpelrandom sampling. Dalam penelitian ini menggunakan 2 variabel yaitu produktivitas padi dan estimasi produktivitas padi dalam mendukung program swasembada pangan.Pengambilan data lapangan berupa kuesionerdalam bentuk tabel cek lapangan. Teknik analisis yang digunakan berupa teknik interpretasi citra digital dan analisis kuantitatif deskriptif. Terdapat hubungan dengan klasifikasi kuat antara NDVI dengan produktivitas padi.Persamaan yang dihasilkan = 2,997x + 4,109 dengan R²=0,7429 dan R=0,862. Penelitian ini terdiri dari tahun 2014, 2015 dan 2016.Estimasi produktivitas tanaman padi sawah di Kabupaten Pati pada tahun 2014 yang diperoleh peneliti lebih besar 0,07 Ton/Ha dibandingkan dengan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pati. Estimasi luas panen tanaman padi sawah di Kabupaten Pati pada tahun 2015 yang diperoleh dari peneltian ini adalah 3291,38 Ha atau setara 3,00 % dari luas panen atau lebih sempit dari data DISPERTANAK. Simpulan dalam penilitian ini bahwa penginderaan jauh memanfaatkan nilai NDVI pada tanaman padi dapat digunakan untuk mengestimasikan luas panen dengan klasifikasi kuat. Adapun saran dalam penelitian ini perlu adanya penelitian lebih lanjut menggunakan citra penginderaan jauh dengan rentang waktu yang berdektan dan daerah yang mempunyai hasil produksi yang tinggi diharapkan mendapatkan perioritas dalam hal pemanfaatan lahan sawah secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penginderaan Jauh, Produktivitas Padi, Swasembada.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Geografi, S1
Depositing User: Users 38262 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2024 07:22
Last Modified: 16 Apr 2024 07:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24665

Actions (login required)

View Item View Item