PENGEMBANGAN BUKU “AROGENJI” UNTUK KETERAMPILAN MENULIS KOSAKATA BAHASA ARAB KELAS B TK MUSLIMAT NU II LASEM REMBANG


M. Ashdaq Fillah, 2701409005 (2016) PENGEMBANGAN BUKU “AROGENJI” UNTUK KETERAMPILAN MENULIS KOSAKATA BAHASA ARAB KELAS B TK MUSLIMAT NU II LASEM REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2701409005.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Kemudian penelitian didasarkan pada lima tahap, yaitu (1) mengetahui potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) pembuatan desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi dan perbaikan produk. Data penelitian ini adalah kebutuhan bahan ajar keterampilan menulis kosakata bahasa Arab dan peniliaian oleh guru dan ahli terhadap prototype bahan ajar. Hasil penelitian berupa kebutuhan bahan ajar keterampilan menulis kosakata bahasa Arab untuk kelas B TK Muslimat NU II Lasem karena bahan ajar yang sudah ada kurang maksimal akibat dalam satu bahan ajar tersebut, keterampilan membaca dan menulis dijadikan satu dan untuk keterampilan menulis sangat sedikit. Bahan ajar yang dikembangkan dibuat sesuai dengan kebutuhan yaituberkualitas, menarik, dan disertai ilustrasi gambar yang disesuaikan dengan materi dan perkembangan siswa. Produk yang dikembangkan berupa buku dengan ukuran A5 potrait dan materi buku terdiri atas empat konten, (1) perubahan huruf hijaiyah, (2) kosakata bergambar, (3) latihan menulis kosakata, (4) daftar kosakata. Prototipe bahan ajar yang dikembangkan selanjutnya divalidasi oleh guru dan ahli. Materi yang divalidasi meliputi beberapa aspek yaitu aspek grafis, aspek materi, dan aspek tata bahasa. Aspek grafis yaitu (1) pada sampul depan gambar ibu dan anak diselaraskan, (2) warna nomor halaman disesuaikan dengan isi, (3) ilustrasi gambar kosakata disesuaikan dengan sasaran buku, dan (4) tata letak diperhatikan. Aspek materi yaitu (1) penyesuaian ilustrasi dengan kosakata, (2) kosakata yang digunakan sebaiknya bertema dan dekat dengan siswa. Aspek tata bahasa yaitu yaitu (1) cara penulisan huruf hijaiyah disesuaikan dengan pedoman artikulasi, (2) perhatikan penulisan kosakata dan artinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan buku, keterampilan menulis, menulis bahasa Arab.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Users 38260 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2024 07:22
Last Modified: 16 Apr 2024 07:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24660

Actions (login required)

View Item View Item