PERSEPSI GURU TENTANG IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMA NEGERI SE-KOTA SEMARANG TAHUN 2008


Kuswati , 3301403003 (2009) PERSEPSI GURU TENTANG IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMA NEGERI SE-KOTA SEMARANG TAHUN 2008. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERSEPSI GURU TENTANG IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMA NEGERI SE-KOTA SEMARANG TAHUN 2008]
Preview
PDF (PERSEPSI GURU TENTANG IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMA NEGERI SE-KOTA SEMARANG TAHUN 2008) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Menurut Susilo (2006:10) dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, salah satunya adalah dengan perubahan kurikulum. Mulai tahun ajaran 2006/2007 di Indonesia diberlakukan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. KTSP adalah penyempurnaan dari KBK, hanya saja KTSP ini memberikan standar kompetensi dan kompetensi dasar (dua kolom), selebihnya indikator dan materi pokoknya dijabarkan oleh sekolah. KTSP diberlakukan secara umum di seluruh SMA Negeri se-kota Semarang pada tahun ajaran 2007/2008. Selaku pelaksana kurikulum, keberhasilan KTSP sebagian besar terletak di tangan guru, maka peran guru sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan KTSP ini. Dalam awal perkembangan pelaksanaan KTSP ini, tak sedikit ada yang pro dan kontra. Berdasarkan penelitian awal, salah satu hambatan yang dialami guru dalam melaksanakan KTSP yaitu kesulitan dalam memahami dan mengembangkan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan yang ada dalam KTSP. Menurut mereka hal itu karena kurangnya informasi yang mereka dapatkan tentang KTSP. Berdasarkan hal di atas, permasalahan yang akan diangkat adalah bagaimana persepsi guru tentang implementasi pembelajaran berdasarkan KTSP di SMA Negeri se-kota Semarang tahun 2008. Dari hasil penelitian diharapkan dapat diketahui dan dianalisis sejauhmana persepsi guru tentang implementasi pembelajaran KTSP di SMA Negeri se-kota Semarang Tahun 2008. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMA Negeri se-kota Semarang dari 5 sekolah yang berjumlah 304, yaitu dari SMA Negeri 9 Semarang, SMA Negeri 14 Semarang, SMA Negeri 6 Semarang, SMA Negeri 11 Semarang, dan SMA Negeri 15 Semarang. Sampel diambil antara 20-25%, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 orang guru dari berbagai mata pelajaran. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakkan teknik purposive sampling, yaitu mengambil sampel guru yang mempunyai tujuan dengan karakteristik mata pelajaran yang telah ditentukan. Variabel dalam penelitian ini adalah yang meliputi variabel pengetahuan guru tentang KTSP, variabel sikap dan pengharapan guru tentang diberlakukannya KTSP, serta variabel implementasi pembelajaran KTSP. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan angket, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa persepsi guru untuk aspek pengetahuan tentang konsep KTSP rata-rata 75,16% dan termasuk dalam kategori tinggi, sikap dan pengharapan guru tentang KTSP mencapai 81,85% yang termasuk kategori sangat tinggi, dan evaluasi guru tentang implementasi pembelajaran KTSP mencapai 78,35% dan termasuk dalam kriteria yang baik. vii Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru SMA Negeri se-kota Semarang mempunyai persepsi yang baik tentang implementasi pembelajaran KTSP. Hal ini dapat dilihat dari pengetahuan guru yang tinggi tentang konsep KTSP, sikap dan pengharapan yang sangat tinggi dengan diberlakukannya KTSP, dan implementasi pembelajaran KTSP yang berjalan sudah baik. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu: hendaknya guru meningkatkan pengetahuan dan pemahamannya tentang KTSP agar dapat menyusun dan mengembangkan silabus secara mandiri, guru hendaknya dapat mengembangkan metode dan strategi pembelajaran yang bervariasi yang menarik bagi siswa, dan guru hendaknya dapat memanfaatkan dan mengembangkan media dan sumber belajar yang murah dan terjangkau.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Guru, Implementasi Pembelajaran, KTSP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 May 2011 06:22
Last Modified: 25 Apr 2015 04:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2466

Actions (login required)

View Item View Item