GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BOJA PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI


Faizatin Qisthi Maula, 4401412045 (2016) GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BOJA PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI. Under Graduates thesis, Uneversitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401412045.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Gaya belajar merupakan salah satu faktor yang menentukan hasil belajar dan dipengaruhi oleh jenis kelamin. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan gaya belajar siswa, menentukan korelasi antara gaya belajar siswa dengan hasil belajar, serta membandingkan antara gaya belajar siswa putra dan siswa putri kelas VIII pada mata pelajaran IPA Biologi di SMP Negeri 1 Boja. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Boja Tahun Ajaran 2016/ 2017 sebanyak 228 siswa, sedangkan sampel penelitian terdiri atas siswa putra sebanyak 28 siswa dan siswa putri sebanyak 42 siswa, yang diambil dengan teknik stratified random sampling. Metode penelitian menggunakan pendekatan Mixed Methods, untuk mendeskripsikan gaya belajar siswa dilakukan penelitian kualitatif, sedangkan untuk menentukan koefisien korelasi gaya belajar dan perbandingan gaya belajar siswa putra dengan siswa putri dilakukan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data meliputi analisis deskriptif persentase, analisis Pearson, analisis regresi linier, dan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan siswa kelas VIII yang mempunyai gaya belajar tipe visual 59,68% (37 siswa), auditorial 24,19% (15 siswa), dan kinestetik 16,13% (10 siswa). Hasil analisis Pearson menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara ketiga tipe gaya belajar siswa dengan hasil belajar biologi, dengan koefisien korelasi berturut-turut sebesar 0,519; 0,481; dan 0,409. Hasil regresi linier modalitas visual memberikan kontribusi hasil belajar biologi lebih tinggi (27%) dibandingkan auditorial (23,1%) dan kinestetik (16,7%). Gaya belajar visual dimiliki oleh 19,35% siswa putra dan 40,32% siswa putri. Gaya belajar auditorial dimiliki oleh 16,13% siswa putra dan 8,06% siswa putri. Gaya belajar kinestetik dimiliki oleh 3,23% siswa putra dan 12,90% siswa putri. Simpulan penelitian ini adalah gaya belajar visual pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Boja lebih dominan daripada auditorial maupun kinestetik dan terdapat hubungan yang signifikan antara ketiga tipe gaya belajar dengan hasil belajar. Jumlah siswa putra dengan gaya belajar visual dan kinestetik lebih rendah dibandingkan siswa putri, sedangkan jumlah siswa putra dengan gaya belajar auditorial lebih tinggi dibandingkan siswa putri. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, gaya belajar sangat penting diperhatikan. Oleh karena itu, guru perlu mengakomodasikan berbagai macam metode pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa dalam pembelajaran IPA Biologi, sehingga siswa dapat memaksimalkan gaya belajar yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: gaya belajar, hasil belajar, jenis kelamin
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Users 38261 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2017 07:32
Last Modified: 07 Feb 2017 07:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24658

Actions (login required)

View Item View Item