PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MEMPRODUKSI TEKS NEGOSIASI BERMUATAN NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BAGI SISWA X


Maulida Azkiya Rahmawati, 2101412160 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MEMPRODUKSI TEKS NEGOSIASI BERMUATAN NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BAGI SISWA X. Under Graduates thesis, Universitas Negri Semarang.

[thumbnail of 2101412160.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Rahmawati, Maulida Azkiya. 2017. “Pengembangan Buku Pengayaan Memproduksi Teks Negosiasi Bermuatan Nilai-Nilai Kewirausahaan dengan Pendekatan Scientific bagi Siswa Kelas X”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Bambang Hartono, M.Hum. Pembimbing II: Santi Pratiwi Tri Utami, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: buku pengayaan, memproduksi teks negosiasi, bermuatan nilai-nilai kewirausahaan, pendekatan Scientific. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di SMA Negeri 1 Slawi, SMK Negeri 1 Slawi, dan MAN 1 Tegal diketahui bahwa buku pegangan yang digunakan guru kurang mampu mengembangkan keterampilan memproduksi teks negosiasi secara kreatif bagisiswa. Setelah dianalisis, materi yang dipaparkan masih sedikit dan baru berupa teori mengenai pengertian dan strategi bernegosiasi. Materi mengenai memproduksi teks negosiasi masih sangat terbatas. Selain itu, buku pengayaan yang berkaitan dengan memproduksi teks negosiasi juga masih sedikit di pasaran. Buku-buku negosiasi yang beredar di pasaran masih diarahkan pada teori dasar bernegosiasi secara umum. Belum mengarah pada keterampilan memproduksi teks negosiasi. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan buku pengayaan memproduksi teks negosiasi sebagai pendamping buku pegangan siswa. Nilai yang dapat menjadi muatan dalam buku pengayaan memproduksi teks negosiasi adalah muatan nilai-nilai kewirausahaan. Harapanya, buku pengayaan tersebut juga dapat menumbuhkan jiwa kewirausahan pada siswa. Buku pengayaan memproduksi teks negosiasi bermuatan nilai-nilai kewirausahaan yang akan dikembangkan juga menggunakan pendekatan Scientific. Hal ini tentunya sesuai dengan salah satu karakteristik pelaksanan kurikulum 2013. Permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimanakah kebutuhan siswa dan guru terhadap buku pengayaan memproduksi teks negosiasi bermuatan nilai-nilai kewirausahaan dengan pendekatan Scientific bagi siswa kelas X?, (2) bagaimanakah prototipe buku pengayaan memproduksi teks negosiasi bermuatan nilai-nilai kewirausahaan dengan pendekatan Scientific bagi siswa kelas X?, (3) bagaimanakah penilaian ahli (dosen dan guru) serta tanggapan siswa terhadap produk buku pengayaan memproduksi teks negosiasi bermuatan nilai-nilai kewirausahaan dengan pendekatan Scientific bagi siswa kelas X?, (4) bagaimanakah perbaikan produk buku pengayaan memproduksi teks negosiasi bermuatan nilai-nilai kewirausahaan dengan pendekatan Scientific bagi siswa kelas X? Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang merujuk pada buku Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D karya Sugiyono kemudian disesuaikan dengan kebutuhan peneliti yang meliputi lima tahapan, yaitu (1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru, dan viii dosen ahli. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kebutuhan guru dan siswa, angket penilaian guru dan dosen ahli, serta angket tanggapan siswa. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil penelitian (1) analisis kebutuhan terhadap buku pengayaan menunjukkan bahwa siswa dan guru membutuhkan buku pendamping pembelajaran. Buku pengayaan yang dibuat diharapkan menggunakan bahasa yang mudah dipaahami, penjelasan materi dalam buku pengayaan disertai contoh, dan buku hendaknya disertai dengan ilustrasi dan pewarnaan yang menarik agar tidak membosankan. Prinsip-prinsip buku pengayaan terdiri atas aspek isi/materi, aspek penyajian materi, aspek bahasa dan keterbacaan, dan aspek grafika. Secara umum prinsip-prinsip yang digunakan meliputi prinsip relevansi, kecukupan, adaptif, inovatif, sistematis dan konsistensi, (2) protitipe buku pengayaan disusun berdasarkan hasil analisis angket kebutuhan guru dan siswa serta prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan yang sudah ditentukan sebelumnya. Prototipe buku pengayaan ini dikategorikan menjadi tiga bagian utama meliputi sampul buku, fisik buku, dan isi buku, (3) penilaian yang didapatkan dari guru dan dosen ahli, yaitu (a) aspek materi/isi 86,9 dengan kategori sangat baik, (b) aspek penyajian materi 91,7 dengan kategori sangat baik, (c) aspek bahasa dan keterbacaan 88 dengan kategori sangat baik, (d) aspek grafika 86,3 dengan kategori sangat baik, (e) aspek muatan nilai-nilai kewirausahaan 90,3 dengan kategori sangat baik, dan (f) aspek pendekatan Scientific 93,3 dengan kategori sangat baik. Adapun untuk tanggapan siswa terhadap buku pengayaan, siswa memberikan pernyataan setuju terhadap beberapa pernyataan yang diajukan, seperti sampul buku sudah menarik minat, jenis dan ukuran huruf dapat dibaca, bahasa, pilihan kata, dan kalimat mudah dipahami siswa, (4) perbaikan yang dilakukan terhadap buku pengayaan yaitu, (a) pada aspek materi/isi, bab yang terdapat dalam buku pengayaan menjadi bagian dari kiat jitu, (b) pada aspek penyajian materi, bab I disusun dengan urutan dari konkret ke abstrak, (c) pada aspek grafika, ilustrasi dan warna pada sampul diubah lebih menyatu, dan (d) pada aspek muatan nilai-nilai kewirausahaan, salah satu tokoh diganti dengan tokoh yang mendunia. Saran yang direkomendasikan, yaitu (1) bagi siswa, hendaknya menggunakan buku pengayaan memproduksi teks negosiasi sebagai alternatif buku penunjang dalam proses belajar, (2) bagi guru, hendaknya menggunakan buku pengayaan memproduksi teks negosiasi sebagai salah satu bahan materi untuk kegiatan pengayaan, dan (3) bagi peneliti lain, perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan buku pengayaan memproduksi teks negosiasi bermuatan nilai-nilai kewirausahaan dengan pendektan Scientific bagi siswa kelas X.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, memproduksi teks negosiasi, bermuatan nilai-nilai kewirausahaan, pendekatan Scientific.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 38257 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2024 04:54
Last Modified: 16 Apr 2024 04:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24643

Actions (login required)

View Item View Item