NILAI SOSIAL BUDAYA PADA NOVEL KEBERANGKATAN KARYA NH. DINI DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI MATERI AJAR BAGI SISWA KELAS XII SMA


Titin Uni Supriatin, 2101412148 (2016) NILAI SOSIAL BUDAYA PADA NOVEL KEBERANGKATAN KARYA NH. DINI DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI MATERI AJAR BAGI SISWA KELAS XII SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negri Semarang.

[thumbnail of 2101412148.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Supriatin, Titin Uni. 2016. Nilai Sosial Budaya pada Novel Keberangkatan Karya Nh. Dini dan Kelayakannya sebagai Materi Ajar Bagi Siswa Kelas XII SMA. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: U’um Qomariyah, Pembimbing II: Mukh Doyin. Kata Kunci: materi ajar, nilai sosial budaya, novel Keberangkatan, kelayakan Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini didasari oleh penggalan teks Sumpah Pemuda yang berbunyi “Kami Putra dan Putri Indonesia Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia”. Selain sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia juga merupakan bahasa wajib pengantar pendidikan di Indonesia. Penting adanya pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang baik agar tujuan pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia tercapai. Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah tidak terlepas dari pembelajaran sastra. Pembelajaran sastra diajarkan kepada siswa karena memuat nilai-nilai kehidupan, termasuk nilai sosial budaya. Nilai sosial budaya merupakan salah satu nilai yang dapat diambil dari sebuah karya sastra, mengingat karya sastra merupakan gambaran dari kehidupan sehari-hari. Karya sastra berbentuk prosa salah satunya yaitu novel. Oleh karena itu melalui novel siswa diharapkan mampu belajar memahami nilai-nilai yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari, khususnya nilai sosial budaya. Hal ini dimaksudkan agar siswa memiliki kepekaan sosial dan memahami budaya melalui karya sastra. Berdasarkan temuan sekilas pada novel Keberangkatan karya Nh. Dini yang kental akan nilai sosial budaya dan layak dijadikan sebagai materi ajar bagi siswa kelas XII SMA maka peneliti akan mengkaji nilai sosial budaya pada novel tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif karena tidak menggunakan prosedur analisis statistik atau cara kuantitatif lainnya.Selain itu, peneliti menggunakan dua metode dalam melakukan penelitian ini. Metode tersebut ialah metode deskriptif kualitatif dan paradigma penelitian pendidikan kualitatif atau yang sering disebut dengan post positivist.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini sepenuhnya menggunakan teknik studi pustaka.Untuk menganalisis data dalam novel Keberangkatan karya Nh. Dini maka peneliti menggunakan teknik analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, kegiatan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Setelah melakukan analisis terhadap novel tersebut dan sesuai dengan penelitian yang telah dilakukan peneliti terhadap beberapa siswa SMA dan guru Bahasa dan Sastra Indonesia di kota Semarang bahwa novel tersebut layak dijadikan sebagai materi ajar bagi siswa kelas XII SMA. Bahasa yang mudah dipahami oleh siswa dan cerita yang menarik serta pengetahuan yang terdapat di dalam novel sangat layak dijadikan sebagai materi ajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: materi ajar, nilai sosial budaya, novel Keberangkatan, kelayakan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 38257 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2024 04:54
Last Modified: 16 Apr 2024 04:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24639

Actions (login required)

View Item View Item